Bukan Disuntik Mati, Ini Alasan Honda Hanya Pasarkan 1 Varian Mobilio

Kompas.com - 08/04/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) hadir meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 tanpa membawa Mobilio pada rangkaian produk yang dipamerkan.

Hal tersebut menjadi tanda tanya, apalagi pada situs resmi ternyata low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah tersebut, hanya dipasarkan dalam satu varian saja, yakni S manual yang merupakan tipe terendah.

Lantas apakah menjadi pertanda bilaMobilio akan segera digantikan, atau justru tak lagi dipasarkan?

Baca juga: Saat Suzuki Carry Tampil Menggoda dengan Tema Anak Pantai

Menjawab pertanyaan tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM memastikan bila Mobilio masih dipasarkan sampai saat ini.

Honda Mobilio GIIAS 2021KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Mobilio GIIAS 2021

Terkait kenapa hanya ada satu tipe yang tercantum pada situs resmi, Billy menjelaskan karena memang varian paling bawah tersebut yang penyerapannya masih baik.

"Mobilio sekarang di website kami memang hanya S manual, karena itu yang masih diinginkan konsumen dan kebanyakan itu 70 sampai 80 persenan konsumen fleet untuk korporasi. Jadi itu (S manual) yang memang diminta, yang termurah," ujar Billy saat konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut Billy mengatakan, untuk nasib dari varian Mobilio lainnya, seperti E manual, E CVT, RS MT, dan RS CVT, akan dipasarkan lagi dengan melihat kondisi permintaan dari pasar.

Baca juga: Diskon Rp 18 Juta, Ini Perbedaan 4 Tipe All New Honda BR-V

Selain itu, dampak dari kelangkaan semikonduktor juga menjadi alasan Honda "mengalahkan" produksi Mobilio dengan model yang lebih banyak diserap pasar saat ini, yakni Brio.

"Kami juga berkonsultasi dengan diler-diler menanyakan banyak tidaknya permintaan (Mobilio). Namun sekali lagi, Mobilio dan Brio itu komponennya rata-rata sama, apalagi yang bermasalah itu sama, yang terkena semikonduktor," ujar Billy.

Honda Brio IIMS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Honda Brio IIMS 2022

"Jadi kami fokus ke Brio dulu yang permintaannya masih tinggi, sambil melihat demand dari Mobilio dan memonitor untuk permintaan tipe-tipe lainnya. Jadi tidak ada judul Mobilio itu disuntik mati," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.