Kompas.com - 06/04/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen yang cukup vital pada sepeda motor. Secara fungsi punya tugas sebagai sumber daya untuk menggerakkan starter, serta menyimpan dan menyuplai listrik untuk komponen lain.

Meski keberadaannya sangat penting, tetapi belum banyak yang paham cara merawatnya.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

“Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi aki, seperti melakukan pengecekan berkala, tidak memaksa menggunakan starter ketika motor tidak mau menyala, dan berhati-hati ketika melakukan modifikasi,” ucap Anton belum lama ini.

Baca juga: Promo Aki di IIMS Hybrid 2022

Khususnya, jika part pengganti justru membebani kinerja aki itu sendiri. Saat aki sudah rusak atau soak, maka dalam menggantinya juga harus memastikan bahwa aki yang baru merupakan aki asli yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor.

Saat ini banyak aki dari berbagai merek yang dijual pasaran dengan harga murah, namun kualitas tidak dapat dijamin. Selain kurang awet, aki tersebut juga berpotensi merusak komponen kelistrikan.

Aki motor diukur dengan avometerDok. DAM Aki motor diukur dengan avometer

Untuk itu, sebaiknya pemilik kendaraan roda dua membeli aki asli yang disediakan di bengkel resmi dan terpercaya.

Bagi Anda yang sedang berencana membeli dan mencari daftar harga aki motor, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki motor per April 2022.

Baca juga: Sebelum Ganti, Cek Dulu Harga Ban Mobil per April 2022

Harga aki untuk Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Honda Megapro, Yamaha RX-King, Honda NSR 150, Honda Supra, Yamaha Jupiter, Suzuki Thunder, Suzuki Shogun Piaggio ET4, Kawasaki Binter Merzy

GS Astra
-GS Astra GM7B-4B Rp 300.000
-GS Astra GM3-3B Rp 150.000
-GS Astra 12N5-3B Rp 150.000
-GS Astra 12N9-4B-1M Rp 275.000

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.