Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha E01 Bakal Disewakan Rp 2,3 Jutaan Per Bulan

Kompas.com - 05/04/2022, 18:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Motor akan memulai penjualan dengan skema sewa di Jepang pada bulan Juli 2022 sebagai percobaan demonstrasi untuk motor listrik E01.

Seperti diketahui, E01 telah mendapat perhatian yang cukup masif dari konsumen. Paling baru, motor ini dipajang di IIMS 2022 usai melantai di Bangkok dan Tokyo beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman Response (5/4/2022), konsumen yang tertarik dengan motor listrik bisa melakukan permintaan untuk sewa yang akan diterima pada 9-22 Mei 2022.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Tebar Pesona, Ini Kata Honda

Yamaha menyiapkan sekitar 100 unit motor listrik E01 yang bisa disewa selama 3 bulan, dengan biaya bulanan sekitar 200.000 yen atau setara Rp 2,3 jutaan.

"Pada motor bermesin konvensional, skuter dengan kapasitas kecil memiliki getaran yang kuat, dan menyebabkan kelelahan,” ujar Takuya Maruo dari Yamaha Motor Development Department, selaku pengembang E01, disitat dari Response.

“Komuter ingin pergi bekerja atau sekolah tanpa lelah dan kembali dengan mudah. EV yang senyap dan minim getaran sangat cocok untuk komuter,” kata dia.

Baca juga: Kejadian Lagi, Truk Mundur Tanpa Terkendali

Kehadiran E01 diharapkan dapat menjadi pilihan buat para pekerja yang melakukan perjalanan dengan jarak menengah setiap hari.

Melalui eksperimen demonstrasi ini, Yamaha sekaligus mencari metode pengisian daya yang optimal untuk EV.

Dengan baterai lithium-ion berkapasitas 4,9 kWh, motor ini diklaim bisa menempuh jarak 104 km dalam sekali pengisian hingga penuh.

Baca juga: Spesifikasi FIN Komodo Patroli yang Dibeli Bamsoet di IIMS 2022

Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.KOMPAS.com/Dio Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.

Untuk isi ulang, ada tiga jenis metode pengisian daya, dan dimungkinkan untuk mengisi penuh dalam waktu sekitar 1 jam untuk pengisian cepat. Sementara pada mode normal sekitar 5 jam, dan sekitar 14 jam untuk pengisian portabel.

Bicara soal fitur, E01 memiliki sistem kontrol traksi yang mendukung start yang mulus dan penerapan pengereman regenerative. Motor ini juga memiliki fungsi gigi mundur, yang akan melaju 1 kpj ketika mundur.

Mengenai dimensinya, motor ini memiliki panjang total 1930 mm x lebar 740 mm x tinggi 1230 mm, serta jarak sumbu roda 1380 mm, yang hampir sama dengan skutik Yamaha NMAX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com