Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemesanan Tiket Mudik Lebaran Dibuka, DAMRI Siapkan 8.715 Perjalanan

Kompas.com - 05/04/2022, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut mudik Lebaran tahun 2022, DAMRI mulai membuka penjualan tiket mudik dan melakukan berbagai persiapan untuk pelayanan angkutan mudik.

Siti Inda Suri, Plt Corporate Secretary DAMRI, mengatakan, saat ini pihaknya telah membuka penjualan tiket mudik Lebaran, di mana untuk pembeliannya akan dilayani secara online.

Sementara untuk wilayah Indonesia Timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui loket keberangkatan. Sebab, pemesanan melalui online masih terkendala sinyal.

Baca juga: Puluhan Mobil Ngebut Langsung Terjaring Tilang Elektronik di Tol

Bus DAMRI dengan rute Bogor-SubangDOK. DAMRI Bus DAMRI dengan rute Bogor-Subang

“Kami akan mengerahkan 460 bus pada musim mudik Lebaran nanti,” ujar Siti, dalam keterangan tertulis (4/4/2022).

Adapun untuk jumlah trip yang akan dilakukan DAMRI pada H-10 Lebaran hingga H+10 adalah 8.715 perjalanan, dengan prediksi pelanggan sekitar 200.000 orang di luar pelanggan reguler.

“Arus mudik paling besar berada di Pulau Jawa, sedangkan keberangkatan paling banyak berasal dari DKI Jakarta,” ucap Siti.

Baca juga: Selisih Rp 100 Juta, Apa Perbedaan Honda HR-V Turbo RS dan SE?

“Kemudian wilayah yang berpotensi mengalami lonjakan keberangkatan mudik adalah Yogyakarta dan Bandung,” kata dia.

Selain itu, DAMRI juga siap mengerahkan serangkaian proses rampcheck terhadap bus-bus yang dialokasikan untuk angkutan mudik Lebaran.

Siti menambahkan, DAMRI siap menyelenggarakan layanan angkutan Hari Raya Idul Fitri dengan berpedoman pada Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022.

Untuk persyaratan perjalanan DAMRI terbaru untuk mudik Lebaran, itu akan disesuaikan kembali dengan peraturan terbaru pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com