Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Bulan Puasa 2022, Penjualan Motor Belum Naik Signifikan

Kompas.com - 04/04/2022, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan April atau bulan keempat 2022 sekaligus Ramadhan 1443 Hijriah, Astra Honda Motor (AHM) mengatakan belum ada peningkatan drastis penjualan sepeda motor.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, mengatakan, memasuki bulan puasa tahun ini belum ada peningkatan signifikan yang berpengaruh pada total penjualan keseluruhan.

Baca juga: Banyak Penimbunan Solar Subsidi, Pertamina Bikin Jera SPBU Nakal

"Kan ini baru diumumkan (baru puasa). Tapi belum, di awal ini belum," kata Thomas yang ditemui di lokasi IIMS Hybrid 2022, di JIExp, Kemayoran, Jakarta, saat pembukaan Kamis (31/3/2022).

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

Menurut Thomas peningkatan penjualan biasanya terjadi karena dua faktor, yaitu selepas musim panen dan kedua jelang hari raya lebaran atau saat memasuki bulan puasa.

"Ya biasanya dua. Pertama itu sebelum lebaran dan itu biasa momentumnya itu berdekatan dengan panen. Jadi ada dua, pertama lebaran dan kedua panen," ungkap Thomas.

"Biasanya naik signifikan karena dua faktor itu, nah kalau kali ini mestinya panen sudah kelar, tapi sebetulnya Maret-April ini masih, jadi antara faktor lebaran dan panen juga bisa memengaruhi kenaikan market tahun ini," katanya.

Baca juga: Catat, Ini Besaran Denda Tilang Elektronik di Jalan Tol

Sebelumnya di Bandung, Jawa Barat akhir tahun lalu, Thomas pernah mengatakan, kinerja penjualan motor secara keseluruhanp pada 2022 akan bergantung dari tiga faktor utama.

Ilustrasi Honda ADV 150Dok. Wahana Honda Ilustrasi Honda ADV 150

"Satu kita lhat dari kita lihat ialah sisi pandemi Covid-19, tentunya, kalau covid-19 bisa terkendali dengan baik, masyarakat kita melakukan prokes dengan baik tentu akhirnya ekonomi bisa terus bergulir dengan baik jadi ini paling kunci di sana," kata Thomas.

Kemudian, faktor kedua ialah tren komoditas. Apabila komoditas masih bisa bertahan selama 2022 maka tren penjualan bisa membaik.

"Ketiga, harapannya pemerintah banyak melakukan usaha untuk meningkatkan ekonomi agar bergerak. Harapannya roda ekonomi bisa bergerak. Kita lihat pasarnya bisa tumbuh 8-10 persen," ungkapnya.

Adapun sepanjang 2022, Thomas mengatakan target penjualan AHM secara menyeluruh ialah mampu menjual 4 juta -4,2 juta unit motor, dari prediksi total market nasional 5,4 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com