Kompas.com - 04/04/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan April atau bulan keempat 2022 sekaligus Ramadhan 1443 Hijriah, Astra Honda Motor (AHM) mengatakan belum ada peningkatan drastis penjualan sepeda motor.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, mengatakan, memasuki bulan puasa tahun ini belum ada peningkatan signifikan yang berpengaruh pada total penjualan keseluruhan.

Baca juga: Banyak Penimbunan Solar Subsidi, Pertamina Bikin Jera SPBU Nakal

"Kan ini baru diumumkan (baru puasa). Tapi belum, di awal ini belum," kata Thomas yang ditemui di lokasi IIMS Hybrid 2022, di JIExp, Kemayoran, Jakarta, saat pembukaan Kamis (31/3/2022).

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

Menurut Thomas peningkatan penjualan biasanya terjadi karena dua faktor, yaitu selepas musim panen dan kedua jelang hari raya lebaran atau saat memasuki bulan puasa.

"Ya biasanya dua. Pertama itu sebelum lebaran dan itu biasa momentumnya itu berdekatan dengan panen. Jadi ada dua, pertama lebaran dan kedua panen," ungkap Thomas.

"Biasanya naik signifikan karena dua faktor itu, nah kalau kali ini mestinya panen sudah kelar, tapi sebetulnya Maret-April ini masih, jadi antara faktor lebaran dan panen juga bisa memengaruhi kenaikan market tahun ini," katanya.

Baca juga: Catat, Ini Besaran Denda Tilang Elektronik di Jalan Tol

Sebelumnya di Bandung, Jawa Barat akhir tahun lalu, Thomas pernah mengatakan, kinerja penjualan motor secara keseluruhanp pada 2022 akan bergantung dari tiga faktor utama.

Ilustrasi Honda ADV 150Dok. Wahana Honda Ilustrasi Honda ADV 150

"Satu kita lhat dari kita lihat ialah sisi pandemi Covid-19, tentunya, kalau covid-19 bisa terkendali dengan baik, masyarakat kita melakukan prokes dengan baik tentu akhirnya ekonomi bisa terus bergulir dengan baik jadi ini paling kunci di sana," kata Thomas.

Kemudian, faktor kedua ialah tren komoditas. Apabila komoditas masih bisa bertahan selama 2022 maka tren penjualan bisa membaik.

"Ketiga, harapannya pemerintah banyak melakukan usaha untuk meningkatkan ekonomi agar bergerak. Harapannya roda ekonomi bisa bergerak. Kita lihat pasarnya bisa tumbuh 8-10 persen," ungkapnya.

Adapun sepanjang 2022, Thomas mengatakan target penjualan AHM secara menyeluruh ialah mampu menjual 4 juta -4,2 juta unit motor, dari prediksi total market nasional 5,4 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.