Banyak yang Belum Paham Bahaya Tinggalkan Anak Sendirian di Mobil

Kompas.com - 04/04/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil yang masih lalai dan meninggalkan anaknya di dalam mobil dalam keadaan mesin menyala. Padahal, kondisi tersebut bisa fatal akibatnya.

Belum lama ini, terjadi lagi insiden balita terjebak di dalam mobil. Kejadian tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @depokfirerescue113.

Baca juga: Saat Bawa Anak Kecil di Mobil, Orangtua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Pos Merdeka menerima laporan ada anak kecil berumur 2 tahun terkunci di dalam mobil pada Minggu (3/4/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Depok Firerescue (@depokfirerescue113)

Anak kecil tersebut terjebak karena kunci mobil masih ada di dalam. Sementara anak kecil itu, belum mengerti cara membuka kunci mobil.

Banyak alasan pengendara meninggalkan anak kecilnya sendirian di dalam mobil, mulai dari alasan hanya pergi sebentar saja, sekadar memanaskan mobil, dan lainnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Sebab, tindakan tersebut sangat berbahaya, bahkan berakibat kematian.

Baca juga: Bawa Anak Kecil di Mobil, Jangan Biarkan Duduk di Jok Depan

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi anak terkunci di dalam mobilshutterstock/Ole_CNX Ilustrasi anak terkunci di dalam mobil

Menurut Marcell, anak yang terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di dalam kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi.

Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan, jika dalam waktu yang lama, anak bisa saja meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.