Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Paham Bahaya Tinggalkan Anak Sendirian di Mobil

Kompas.com - 04/04/2022, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil yang masih lalai dan meninggalkan anaknya di dalam mobil dalam keadaan mesin menyala. Padahal, kondisi tersebut bisa fatal akibatnya.

Belum lama ini, terjadi lagi insiden balita terjebak di dalam mobil. Kejadian tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @depokfirerescue113.

Baca juga: Saat Bawa Anak Kecil di Mobil, Orangtua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Pos Merdeka menerima laporan ada anak kecil berumur 2 tahun terkunci di dalam mobil pada Minggu (3/4/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Depok Firerescue (@depokfirerescue113)

Anak kecil tersebut terjebak karena kunci mobil masih ada di dalam. Sementara anak kecil itu, belum mengerti cara membuka kunci mobil.

Banyak alasan pengendara meninggalkan anak kecilnya sendirian di dalam mobil, mulai dari alasan hanya pergi sebentar saja, sekadar memanaskan mobil, dan lainnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Sebab, tindakan tersebut sangat berbahaya, bahkan berakibat kematian.

Baca juga: Bawa Anak Kecil di Mobil, Jangan Biarkan Duduk di Jok Depan

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi anak terkunci di dalam mobilshutterstock/Ole_CNX Ilustrasi anak terkunci di dalam mobil

Menurut Marcell, anak yang terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di dalam kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi.

Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan, jika dalam waktu yang lama, anak bisa saja meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com