Polda Metro Gelar Razia Kendaraan di 13 Titik Kawasan Langganan SOTR

Kompas.com - 04/04/2022, 15:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ditlantas Polda Metro Jaya mulai mengawasi secara khusus 13 kawasan di Jakarta yang diperkirakan menjadi lokasi warga melaksanakan kegiatan sahur on the road (SOTR) pada saat Ramadan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, filterisasi di 13 kawasan tersebut akan dilakukan setiap malam mulai pukul 01.00 WIB sampai 05.00 WIB selama Ramadan.

Hal itu guna mengantisipasi adanya kegiatan SOTR yang kerap berimbas pada ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

Video viral di media sosial memperlihatkan puluhan motor menggelar konvoi sahur on the road (SOTR).tangkapan gambar Instagram @lambe_turah Video viral di media sosial memperlihatkan puluhan motor menggelar konvoi sahur on the road (SOTR).

“Sudah dimulai sejak Sabtu (2/4/2022). dini hari tadi (mulai) pukul 01.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB,” ujar Zulpan, disitat dari NTMC Polri (4/4/2022).

Dalam pelaksanaannya, kata Zulpan, Polda Metro Jaya mengerahkan 2.375 personel untuk berjaga dan membatasi mobilitas masyarakat di 13 lokasi tersebut.

“Jumlah personel yang dilibatkan untuk kegiatan tersebut seluruhnya 2.375 personel,” ucap Zulpan.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Argentina, Aleix Espargaro Teratas

Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.

Tercatat, dalam kegiatan yang berlangsung pada Minggu (3/4/2022), sudah ada 239 kendaraan yang ditilang, sementara 23 kendaraan diamankan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyampaikan kendaraan yang terjadi dalam operasi SOTR, tak perlu diberikan sanksi jika membawa STNK.

Namun, jika pengendara itu terbukti melakukan berbagai macam pelanggaran, maka motor akan disita dan akan dikembalikan usai bulan Ramadan berakhir.

Baca juga: Harga BBM Naik, Ini Perbandingan Layanan SPBU Shell dan Pertamina

Suasana lengang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/1/2021). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lengang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/1/2021). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

“Kalau kesalahan multiple, enggak pakai helm, enggak motor standard, maka dijadikan barang bukti,” ucap Fadil, dikutip dari NTMC Polri (4/4/2022).

“Saya minta kendaraan nanti dilepas saat sidang setelah Idulfitri agar enggak merusak ibadah yang khusyuk,” kata dia.

Baca juga: Pasang Peredam Suara di Mobil, Buat Agya dan Brio Mulai Rp 765.000

Kerumunan pedagang kaki lima (PKL) mengundang keramaian di malam takbiran di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (23/5/2020). Kerumunan pedagang kaki lima (PKL) mengundang keramaian di malam takbiran di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (23/5/2020).

Berikut ini 13 titik di Jakarta yang difilterisasi selama Ramadhan:

1. Kawasan Banjir Kanal Timur
2. Jalan Sudirman-Thamrin
3. Jalan Asia Afrika
4. Kawasan SCBD
5. Jalan Mahakam-Bulungan
6. Jalan Gunawarman
7. Kawasan Monumen Nasional
8. Kawasan Kemayoran
9. Kawasan PIK 2
10. Kawasan Danau Sunter
11. Kawasan Kota Tua
12. Kawasan Kemang
13. Jalan Layang Non Tol Antasari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.