Harga Fortuner dan Innova Diesel Naik Jelang Penerapan Standar Euro 4

Kompas.com - 04/04/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang penerapan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel di Indonesia, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) melakukan penyesuaian harga produk-produknya.

Standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel berlaku per 7 April 2022. Nantinya kendaraan dengan mesin diesel yang dijual di Indonesia harus memenuhi standar tersebut.

Salah satu merek yang memiliki lini produk kendaraan diesel adalah Toyota. Untuk mobil penumpang, terdapat model Fortuner, Innova, dan Land Cruiser 300 yang menggunakan mesin tersebut.

Baca juga: Langkah Panjang Hadirnya Toyota Innova EV di Indonesia

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Sedangkan untuk kendaraan niaga, terdapat model Hiace, Hilux, dan Dyna dari merek Toyota. Kenaikan harganya pun beragam, misalnya untuk Innova diesel, peningkatan harganya mulai Rp 11,8 juta sampai Rp 12,7 juta.

Sedangkan untuk Fortuner, baik model dengan mesin 2.4L dan 2.8L mengalami kenaikan harga mulai dari Rp 11,3 juta sampai Rp 12,6 juta. Lalu untuk Land Cruiser 300, kenaikan harganya sekitar Rp 24 juta.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

All New Land Cruiser 300 melibas rintanganKOMPAS.com/ADITYO WISNU All New Land Cruiser 300 melibas rintangan

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor mengatakan, kenaikan harga mobil diesel Toyota dikarenakan beberapa faktor selain spesifikasinya yang kini sudah Euro 4.

"Ya pertama karena Euro 4 spec, ada juga kenaikan harga karena pajak PPN ke 11 persen, dan ada kenaikan karena material cost up," ucap Anton kepada Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Berikut ini Kompas.com kumpulkan daftar harga produk Toyota dengan mesin diesel di Indonesia serta kenaikannya:

Innova

2.4 G M/T DSL dari Rp 375,4 juta jadi Rp 387 juta (naik Rp 11,6 juta)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.