Langkah Panjang Hadirnya Toyota Innova EV di Indonesia

Kompas.com - 03/04/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova EV Concept sudah dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Walaupun cuma mejeng sehari, Innova EV diklaim mendapatkan respon yang luar biasa.

Pada dasarnya, Innova EV Concept adalah study car, alias model studi kendaraan listrik di Indonesia. Untuk saat ini, model yang digunakan sebagai basisnya adalah Innova Venturer.

Jadi mesin konvensionalnya diganti dengan baterai listrik dan motor listrik. Kemudian tenaga tadi masih disalurkan ke roda belakang, layaknya Innova yang sering ditemui di jalan.

Baca juga: Alasan Toyota Indonesia Pilih Teknologi Elektrifikasi pada Kijang Innova

Menko Perekonomian Airlangga Mencoba Innova EVKOMPAS.com - Fathan Menko Perekonomian Airlangga Mencoba Innova EV

Lalu, apakah wujud dari kendaraan listrik hasil studi Toyota Indonesia ini akan segera mengaspal di Indonesia?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, proses dari apa yang sudah ditampilkan (Innova EV) menuju jalur produksi sebenarnya masih banyak.

"Tergantung banyak hal, dari kondisi market, kondisi Indonesianya sendiri, total visibility dari production-nya," ucap Anton di Jakarta, Jumat (31/3/2022).

Baca juga: Honda HR-V SE Curi Perhatian di IIMS 2022, Intip Spesifikasinya

Kemudian Toyota juga menginginkan untuk memperkenalkan produk elektrifikasi. Jika memang responnya bagus dari masyarakat, Toyota bisa bilang ke principal di Jepang untuk melaporkannya.

"Pasti kita akan komunikasi ke principal kalau ini animonya memang luar biasa," ucap Anton.

Untuk unit Innova EV sendiri yang dipamerkan di IIMS 2022, sudah dalam tahap kendaraan konsep yang bisa berjalan. Bahkan saat pembukaan, salah satu unit Kijang Innova EV dicoba oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Toyota Indonesia sudah memiliki lima unit Kijang Innova EV Concept Car yang dipamerkan kali pertama di helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.