Hyundai Ioniq 5 Meluncur, Klaim Mobil Listrik Pertama Buatan Lokal

Kompas.com - 31/03/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 meluncur hari ini, Kamis (31/3/2022), bertepatan dengan dibukanya pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sudah menyebar undangan untuk melakukan peluncuran tersebut. Mobil listrik ini cukup ditunggu banyak orang karena diklaim menjadi yang pertama yang diproduksi di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Resmikan Peluncuran Hyundai Ioniq 5

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sudah meresmikan pabrik PT HMID di Cikarang, Rabu (16/3/2022). Pada acara tersebut, Joko Widodo sekaligus meluncurkan Ioniq 5 di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (kiri) mengamati mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.ANTARA FOTO/HO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris Presiden Joko Widodo (kiri) mengamati mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun ekspor," ujar Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Jokowi mengatakan, dirinya berharap Ioniq 5 bisa menjadi tonggak penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sehingga, memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati.

Baca juga: Sudah Terdaftar di Samsat DKI, Ini Bocoran Harga Dasar Hyundai Ioniq 5

Hyundai sudah memperkenalkan Ioniq 5 pada pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, yang digelar di Kawasan Puspitek, Tangerang Selatan, 24-26 November 2021.

Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu menempuh jarak hingga 490 km dalam sekali pengisian baterai penuh. Kendaraan ramah lingkungan ini kabarnya akan dipasarkan dalam dua varian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.