Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasai Segmen Mobil Listrik pada 2021, Hyundai Siap Kenalkan Ioniq 5

Kompas.com - 19/01/2022, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) membuktikan dominasinya dalam penjualan mobil listrik, khususnya di segmen Kendaraan Listrik Berbasis Baterai alias battery electric vehicle (BEV).

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2021, mobil listrk Hyundai menguasai penjualan ritel dengan jumlah 605 unit dari 693 transaksi ritel. Hal tersebut membuat pabrikan asal Korea Selatan sebagai pemimpin pangsa pasar BEV sebesar 87,3 persen.

Untuk model, Hyundai Kona jadi tulang punggung dengan kontribusi sebanyak 366 unit atau 52,8 persen dari total penjualan ritel yang diikuti Ioniq 239 unit atau 34,5 persen. Pada 2020 juga demikian, dengan penjualan 124 unit dari total 130 transaksi ritel.

Baca juga: Agya Tertusuk Pagar Pembatas Jalan, Ingat Fungsi Penting Crash Cushion

SungJong Ha, President Director PT HMID, mengatakan menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan Tanah Air.

"Kona dan Ioniq Electric telah mencatatkan sejarah di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang. Kami juga akan memperkenalkan Ioniq 5 yang diproduksi di Indonesia," ujar SungJong Ha dalam keterangan resminya, Selasa (18/1/2022).

Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5hyundaimotorgroup.com Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5

Lebih lanjut, SungJong Ha mengatakan, melalui kerja sama dengan pemerintah dan mitra strategis, sampai sekarang Hyundai telah membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 180 titik, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Keseriusan Hyundai juga dibuktikan dengan kolaborasi bersama LG Energy Solution untuk menjaga pasokan sel baterai dengan mendirikan pabrik manufaktur sel baterai di Karawang, Jawa Barat, yang pembangunannya ditargetkan selesai pada semester awal 2024.

SungJong Ha mengekalim masih banyak faktor yang akan mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap segmen mobil listrik, termasuk kehadiran Ioniq 5, salah satu model paling ditunggu yang akan dirakit secara lokal di pabrik manufaktur Hyundai Motor di Cikarang, Jawa Barat.

Baca juga: TKDN Masih Tanda Tanya, Hyundai Optimistis Creta Jadi Mobil Rakyat

Ioniq 5 merupakan model pertama yang akan menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu platform yang dirancang khusus untuk model-model EV di masa mendatang.

Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.

Sebelumnya, Hyundai Motor Group juga mengumumkan penunjukan model Genesis Electrified G80 sebagai tunggangan VIP resmi para petinggi negara di ajang Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang digelar di Bali.

Genesis sendiri merupakan merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang fokus pada pengembangan berstandar tertinggi atas performa, desain, keamanan, inovasi, serta mengedepankan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com