Sudah Terdaftar di Samsat DKI, Ini Bocoran Harga Dasar Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 08/03/2022, 12:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Hyundai Ioniq 5 sebagai kendaraan bermotor berbasis listrik murni alias Battery Electric Vehicle (BEV) di Indonesia agaknya tak akan menunggu waktu lama lagi.

Hal tersebut terlihat dari beberapa bocoran gambar di media sosial pada beberapa waktu belakangan, hingga terdaftarnya produk terkait di dalam database Samsat DKI Jakarta.

Dilihat Kompas.com pada Selasa (8/3/2022), mobil tercatat pada nomor urut 7 dan 8 dalam kategori Minibus dengan kode nama Ioniq 5 EV AWD AT dan Ioniq 5 EV 2WD AT.

Baca juga: Tanpa Insentif PPnBM, Hyundai Sebut Pemesan Creta Sudah Ribuan

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Hyundai Ioniq 5

Penulisan kode tersebut berbeda dibanding generasi sebelumnya yang sudah ditawarkan lebih dulu di pasar nasional, yaitu Ioniq EV 4x2 AT di kategori Sedan.

Pada data sama, tercantum pula Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk Ioniq 5, di mana sebesar Rp 450 juta dan Rp 473 juta.

Tidak jauh berbeda dengan Ioniq EV generasi terdahulu maupun Kona EV, yaitu Rp 423 juta serta Rp 488 juta.

Tapi perlu dicatat, angka ini bukan besaran harga yang akan berlaku saat mobil resmi melantai. Hanyalah nilai dasar yang belum ditambahkan pajak berlaku, margin diler, serta lainnya.

IEMS 2021 - Hyundai Motors IndonesiaHyundai Motors Indonesia IEMS 2021 - Hyundai Motors Indonesia

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun, salah satunya Ioniq 5.

Hanya saja sampai artikel ini diterbitkan, pihak Hyundai Indonesia masih enggan untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

Baca juga: Modal Rp 5 Juta, Hyundai Ioniq 5 Sudah Bisa Dipesan

Empat unit Hyundai Ioniq 5 terpantau telah berada di depan pabrik CikarangKOMPAS.com Empat unit Hyundai Ioniq 5 terpantau telah berada di depan pabrik Cikarang

Namun dipastikan bahwa mobil dengan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) tersebut akan menggoda pasar dalam negeri.

"Ioniq 5 akan diproduksi di Indonesia tahun ini. Tetapi bulannya berapa, tunggu info dari kami," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur belum lama ini.

Ioniq 5 sendiri, sudah beberapa kali dibawa ke pameran otomotif nasional dan mencuri perhatian sejumlah calon konsumen. Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu menempuh jarak hingga 490 km dalam sekali pengisian baterai penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.