Kompas.com - 26/03/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi bus di Indonesia memang masih menjadi andalan sebagian orang. Bahkan di daerah tertentu, bus juga digunakan sebagai angkutan paket atau pengantar barang.

Dikutip dari video yang diunggah akun Halomoanhasby di Tiktok, terlihat bus PO ALS sedang mengangkut banyak motor di atapnya. Bahkan di sebelah motor tadi juga masih ada barang lainnya yang mau diantar.

Fenomena bus PO ALS menjadi angkututan paket ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. PO ALS sendiri juga kerap diberikan julukan 'rajanya paket' karena kerap membawa banyak barang selain mengangkut penumpang.

Baca juga: Kecelakaan Truk dan Bus 60 Persen karena Pengemudi Kelelahan

@halomoanhasby

 

? original sound - PC ???? - ???? Paulus Marbun????

 

Memang di video tersebut tidak jelas kapan kejadian waktunya. Seiring berjalannya waktu jumlah paket yang diangkut di atas bus sebenarnya terus berkurang, tidak sebanyak yang ada di video.

Sewan Delrizal Lubis, Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS mengatakan, untuk bus kelas ekonomi memang kerap digunakan sebagai angkutan barang, tapi tidak sebanyak itu.

"Kalau yang ekonomi, kebanyakan masih mengangkut barang, tapi kalau motor sampai sebanyak itu, saya baru lihat," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta?

PO ALS sendiri punya beberapa kelas layanan, seperti Ekonomi non AC, Ekonomi AC, Patas Eksekutif, dan Super Eksekutif. Selain kelas ekonomi, unit yang eksekutif juga ada yang membawa paket di atapnya.

"Eksekutif ada juga sebagian, tapi biasanya yang ringan-ringan. Soalnya karoserinya kebanyakan masih bagus," kata Sewan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.