Kompas.com - 26/03/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran Idul Fitri 2022 dengan syarat tertentu yaitu vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga.

Bagi warga yang berencana mudik, tentu ada berbagai hal yang menjadi perhatian selain menyiapkan dokumen terkait. Satu diantaranya tentang kesiapan kendaraan bermotor.

"Tapi kalau kendaraan direncanakan ingin ditinggal dengan durasi yang cukup lama, harus dipastikan sudah dalam keadaan yang baik (tempat penyimpanannya)," kata Ari Wibowo, CEO CoverSuper Indonesia dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi mencuci mobildok.Coversuper Ilustrasi mencuci mobil

Tempat penyimpanan terbaik bagi kendaraan adalah wilayah yang tidak lembab dan tertutup. Sebab itu bisa menjaga kendaraan dari pencurian serta hewan kecil.

Selain itu, kendaraan yang ditinggal terlalu lama di ruang terbuka juga bisa membuat cat menjadi cepat kusam dan pudar.

"Pastikan juga mobil dicuci sebelum ditinggal lama. Ini sangat penting, untuk menghindari jamur, water spot, bahkan karat," kata dia.

"Jangan sampai Anda meninggalkan kendaraan kesayangan Anda dalam keadaan kotor hanya karena lupa jadwal dan berakhir dengan tidak sempat mencuci," tambah Ari.

Baca juga: Jangan Ngebut, Berkendara di Cuaca Ekstrem Rawan Kecelakaan

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Selanjutnya, cek kondisi komponen di mobil seperti jangan mengaktifkan rem tangan, tekanan angin ban, oli, dan lainnya

"Oli yang kotor dapat menyebabkan karat pada mesin," ujar Ari.

Terakhir, gunakan cover kendaraan sesuai kebutuhan supaya menghindari bersarangnya laba-laba, debu, sampai hewan lainnya ketika parkir di garasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.