Kompas.com - 24/03/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengendarai sepeda motor di musim hujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari potensi celaka di jalan.

Salah satunya adalah pemilihan jas hujan yang tepat. Umumnya, ada dua model jas hujan, yaitu jas hujan ponco atau terusan dan jas hujan model setelan.

Baca juga: Ini 3 Tips Aman Naik Motor Saat Cuaca Hujan

Pemilihan jas hujan ternyata juga mempengaruhi tingkat keselamatan berkendara. Pemotor harus memilih jas hujan yang praktis dan tidak mudah tersangkut ke bagian motor, seperti pelek atau rantai motor.

Dari sisi keamanan, jas hujan seperti apa yang lebih baik untuk digunakan pemotor saat berkendara?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jas hujan yang disarankan adalah jas hujan dengan model atasan dan bawahan atau terpisah.

"Jangan menggunakan jas hujan model ponco, untuk menghindari bagian jas hujan tersangkut ke objek lain yang dapat membahayakan saat berkendara," jelas Agus pada Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.Foto: Wahana Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.

Jas hujan model setelan terpisah lebih aman karena bentuknya menyerupai baju dan celana. Sedangkan jas hujan model ponco lebih lebar, sehingga sangat mudah tersangkut di bagian komponen motor.

Selain itu, pemilihan warna jas hujan juga penting untuk meminimalisir potensi celaka saat berkendara motor.

"Gunakan jas hujan yang berwarna terang, agar dapat terlihat saat hujan deras oleh kendaraan lain," jelas dia.

Di keadaan hujan, visibilitas pengguna jalan lain menurun. Dengan menggunakan jas hujan berwarna terang, pemotor akan lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain dan bisa terhindar dari kemungkinan tertabrak oleh kendaraan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.