Ini 3 Tips Aman Naik Motor Saat Cuaca Hujan

Kompas.com - 23/03/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim penghujan, ada kalanya pemotor harus tetap mengendarakan motor untuk beraktivitas. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Selain jas hujan yang memadai, ada beberapa kebiasaan berkendara yang perlu dilakukan oleh pemotor agar terhindar dari potensi kecelakaan selama berkendara di jalan yang basah atau di tengah hujan.

Baca juga: Video Viral Pemotor Ribut dengan Pengendara Mobil di JLNT Casablanca

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memberikan tiga tips aman untuk pemotor berkendara di kondisi jalan yang basah.

"Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Di antaranya, pertama, kurangi kecepatan maksimal kendaraan. Saat kondisi jalan basah, ban kita tidak dapat menapak ke aspal secara penuh, karena ada lapisan air," kata Agus pada Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Ia menerangkan, kecepatan maksimal yang disarankan saat berkendara di jalan yang basah adalah 50 kpj.

"Kedua, jangan melakukan pengereman mendadak dengan rem depan saja. Jadi yang disarankan adalah pengereman dengan kedua rem secara bersamaan," lanjutnya.

Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.Foto: Wahana Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.

Baca juga: Jadi Armada Motor Listrik Grab, Begini Spesifikasi Smoot Tempur

Kebiasaan ini, menurut Agus, akan lebih efektif ketimbang hanya menggunakan rem depan atau rem belakang saja. Namun, perlu diperhatikan, penggunaan rem juga harus dilakukan dengan halus dan tidak secara mendadak.

Terakhir, yang paling penting adalah untuk tetap menjaga jarak antar kendaraan. Jaga jarak memungkinkan pemotor untuk bermanuver dan memberikan kesempatan untuk memperlambat kecepatan, jika terjadi hal-hal tidak diinginkan di depannya.

"Ketiga, jaga jarak antar kendaraan. Saat kondisi jalan basah, tentu kita memerlukan jarak pengereman yang cukup agar terhindar dari tabrakan beruntun," ujar dia.

Agus menyarankan, pnegemudi perlu menghindari jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan lain. Khususnya, jika kecepatan kendaraan tersebut sedang tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.