Indonesia yang Pertama Gunakan Mesin 1.5L Turbo ke All New Honda HR-V

Kompas.com - 23/03/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi meluncurkan All New HR-V di Indonesia secara virtual. Tak hanya soal tampilan dan fitur-fitur baru yang lebih mewah, namun SUV compact ini juga hadir dengan mengusung mesin baru.

Honda mengaplikasi mesin 1.500 cc VTEC Turbo yang dihadirkan pada varian HR-V RS. Dapur pacu ini serupa dengan CR-V turbo, tapi yang menarik, Indonesia menjadi negara pertama yang mengadopsi mesin tersebut.

"Mesin 1.500 cc ini akan digunakan juga ke depannya, tapi untuk saat ini Indonesia yang pertama menggunakan mesin ini. Mesinnya sama dengan CR-V Turbo tapi sudah disesuaikan untuk HR-V," kata Yoshitmo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operation, Monozukuri Center, dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Honda Resmi Luncurkan HR-V Baru di Indonesia, Ada Varian RS Turbo

Diketahui mesin 1.500 cc turbo yang diaplikasi pada HR-V RS memiliki tenaga 177 Ps atau sekitar 174,5 tk pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi mencapai 240 Nm di putaran 1.700-4.500 rpm.

Beda mesin HR-V lawas dan baruHPM Beda mesin HR-V lawas dan baru

Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, Ferdianto Budiono Product Strategy Manager PT HPM mengatakan, tenaga dari mesin All New HR-V saat ini lebih tinggi, termasuk dibandingkan varian HR-V 1.800 cc.

"Mengenai engine performance yang saat ini, apabila kita bandingkan dengan yang 1.800 cc dengan 139 Ps (137 tk), kalau dibandingkan dengan 1.500 cc turbo pada HR-V RS saat ini, maka ada peningkatan sebanyak 38 Ps (37 tk). Jadi untuk tipe RS itu menjadi 177 Ps atau dengan torsi 240 Nm," kata Ferdianto.

"Kalau dari yang mesin 1.5L (HR-V baru) dibandingkan dengan mesin 1.5L sebelumnya, ada peningkatan. Model sebelumnya 120 Ps, sekarang menjadi 121 Ps, ada improvement dari engine," lanjutnya.

Honda HR-V RSDoc Honda Honda HR-V RS

Tak hanya bertenaga, untuk HR-V 1.5L Turbo RS juga sudah dibekali dengan tiga pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ. Pengendara bisa memilih mode tersebut dengan menyesuaikan kebutuhannya.

Baca juga: All New Honda HR-V Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 350 Jutaan


Beberapa fitur modern juga sudah disematkan, mulai dari pengaplikasian Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN), sampai, Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close, serta 7 inci Interactive TFT Meter Cluster.

Perlu diketahui juga, penyematan RS pada HR-V saat ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Honda. Dengan demikian, menambah jajaran pasukan Road Sailing di Indonesia.

All New Honda HR-V resmi meluncur di IndonesiaHPM All New Honda HR-V resmi meluncur di Indonesia

Sementara dari segi harga, HPM membanderol generasi baru HR-V sebesar Rp 355,9 juta untuk tipe S CVT, Rp 379,9 juta untuk E CVT, Rp 399,9 juta untuk SE CVT, dan Rp 499,9 juta untuk 1.5L Turbo RS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.