Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia | Ini Komentar Marquez Usai Kecelakaan di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 22/03/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit diprediksi bakal semakin terkenal dan menjadi langganan ajang balap dunia.

Terlebih lagi, sejumlah penyelenggara global mulai tertarik membuat ajang balap di sirkuit yang berada di Pulau Lombok itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini sudah banyak penyelenggara balap dunia yang tertarik dan berminat untuk menyelenggarakan event balap di Sirkuit Mandalika

Kemudian, pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan yang cukup fatal di MotoGP Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022).

Akibat insiden tersebut, Marquez tidak bisa mengikuti balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Marquez mengalami kecelakaan setelah upaya membelokkan motor RC213V di tikungan 7 saat warm up gagal dilakukan.

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 21 Maret 2022.

1. Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia


Penonton menyaksikan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penonton menyaksikan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Menurut dia, ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia benar-benar membuat mata dunia tertuju kepada Indonesia, tepatnya pada Pertamina Mandalika International Street Circuit di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saat saya ingin menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Mulai diliriknya Indonesia sebagai tempat untuk pergelaran internasional bukan tanpa alasan. Indonesia dianggap berhasil menyelenggarakan event balap kelas dunia.

Baca juga: Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

2. Ini Komentar Marquez Usai Kecelakaan di MotoGP Mandalika

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).BAY ISMOYO Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).

Insiden tersebut membuat motor dan tubuh Marquez terpental ke udara, hingga dirinya berujung terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal.

Usai mengalami kecelakaan, Marquez langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mataram untuk menjalani pemeriksaan. Tak berselang lama, ia pun kembali menggunakan helikopter milik Basarnas.

Hasilnya, pebalap asal Spanyol itu dinyatakan tidak bisa mengikuti balapan MotoGP Mandalika 2022 lantaran mengalami gegar otak akibat sejumlah benturan di kepalanya.

Baca juga: Ini Komentar Marquez Usai Kecelakaan di MotoGP Mandalika

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com