Kenali Penyebab Remote Mobil Tidak Bisa Berkerja Optimal

Kompas.com - 21/03/2022, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa kasus tertentu, remote kendaraan bermotor khususnya yang sudah berteknologi smart key sering mengalami macet atau tidak dapat memberikan respons optimal.

Alhasil, potensi terjadinya kasus kriminal seperti pencurian barang dari kabin mobil menjadi besar. Lalu, bila mobil telah dibekali tombol starter mesin, Anda juga jadi tak bisa langsung menyalakannya.

Dijelaskan Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, hal tersebut terjadi karena adanya masalah antara transmitter di remote dan receiver.

Baca juga: Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Remote Engine Start All New Honda CityDOK. HPM Remote Engine Start All New Honda City

"Sebab, remote itu memanfaatkan sinyal frekuensi. Biasanya, gangguan serupa terjadi jika mobil berada di sekitar menara SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) dan BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Terlebih, jika sudah smart key, itu sangat terpengaruhi oleh gelombang elektromagnetik," ucap Didi.

Jadi, sebisa mungkin pengguna menghindari parkir di lokasi yang dekat dengan dua wilayah tersebut.

Masalah lainnya, ialah baterai remote sudah lemah atau terjadi getas di sekitaran karet pintu yang membuat komunikasi antara transmitter dan receiver terganggu.

Baca juga: Ritual Pengecekan Ini Bisa Menekan Potensi Kecelakaan Saat Berkendara

Honda Smart Jey Card All New Honda Civic RSDOK. HPM Honda Smart Jey Card All New Honda Civic RS

Cara paling mudah untuk melihat kondisi baterai pada remote kunci adalah menekan salah satu tombol. Kalau lampu masih menyala terang dengan interval cepat maka kondisi baterai masih baik, begitu sebaliknya.

"Segera ubungi diler terdekat dan langganan jika masalahnya kerap meresahkan. Jangan anggap remeh karena ini berkaitan dengan ketenangan pikiran pemilik atau pengemudi," ujar Didi lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.