Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan kalau Jumpa Bus Ngeblong di Jalan?

Kompas.com - 18/03/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus bus ngeblong di Indonesia memang menjadi fenomena yang sering terjadi. Ngeblong di sini maksudnya adalah bus yang mengambil jalur lawan untuk menghindari macet atau mendahului kendaraan di depannya.

Tentu saja ketika berpapasan dengan bus ngeblong bisa menjadi hal yang mengerikan. Sayangnya ada banyak faktor yang memengaruhi perilaku pengemudi bus seperti itu, bisa dari upah yang kurang dan ketepatan waktu.

Tetapi, perilaku ngeblong tadi tentu tidak bisa dibenarkan karena bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Maraknya kejadian bus ngeblong ini pun turut ditanggapi oleh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana.

Baca juga: Bus Baru PR Sukun, Pakai Tampilan Klasik

Bus ngeblongyoutube Bus ngeblong

“Menyusul itu lihat marka jalannya, rambu-rambunya, kondisi jalan, lingkungan dan lalu lintasnya. Banyak pengemudi dari arah sebaliknya terpaksa harus bertaruh nyawa karena perilaku pengemudi bus yang seperti ini,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ada dua hal yang harus dilakukan oleh pengemudi saat menghadapi kondisi seperti tadi. Pertama yaitu merekam dan melaporkan agar pengemudi bus ditertibkan dan dihukum sehingga bisa menekan angka kecelakaan.

Baca juga: Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan Formula 1 Resmi Dimulai

“Kedua yaitu pengemudi harus melihat spot atau ruang aman di pinggir jalan untuk menghindar. Caranya yaitu dengan menjaga kecepatan, sehingga reaksi dari tindakan pengemudi sesuai dengan arah yang benar,” kata Sony.

Sony mengingatkan, agar mengemudi aman saat bertemu bus, satu-satunya cara yaitu menghindar. Tidak ada gunanya meladeni pengemudi bus yang ugal-ugalan, jangan sampai pertaruhkan nyawa karena merasa benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com