Menyusul Hyundai, Wuling Pastikan Mobil Listrik Hadir Tahun Ini

Kompas.com - 18/03/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif di dalam negeri agaknya tengah berlomba-lomba guna mendukung program pemerintah dalam mempercepat penciptaan kepada ekosistem kendaraan bermotor listrik di dalam negeri.

Pasalnya, selain Hyundai yang memastikan akan memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri melalui pabrik barunya yang ada di Karawang, Jawa Barat, Wuling Motors juga enggan ketinggalan.

Namun, merek mobil asal China ini mengatakan lebih jauh mengenai rencananya itu. Termasuk jadwal atau kepastian waktu untuk menuju elektrifikasi.

Baca juga: Gaikindo Targetkan Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus 900.000 Unit

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

"Kami membawa Wuling dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) ke pameran Jakarta Auto Week (JAW) 2022," kata Brand and Marketing Director Wuling Motors Michael Budihardja, Kamis (17/3/2022).

"Ini dilakukan sebagai wujud pengenalan platform terkait sebelum pada akhirnya Wuling memasarkan EV pada 2022," lanjut dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden of Wuling Motors Han Dehong mengatakan bahwa mobil listrik berbasis GSEV rencananya akan diproduksi di dalam negeri. Saat ini, perseroan sedang memasuki tahap persiapan.

Tapi memang sayangnya saat dikonfirmasi pihak Wuling Motors enggan untuk menjawab hal tersebut.

Baca juga: Ada Tiga Mobil Listrik Baru yang Hadir di Indonesia Tahun Ini

Peluncuran Hyundai Ioniq 5 oleh Presiden RI Joko WidodoYOUTUBE/SEKRETARIAT PRESIDEN Peluncuran Hyundai Ioniq 5 oleh Presiden RI Joko Widodo

Sementara itu Shao Jie, salah satu pejabat eksekutif SAIC-GM-Wuling pernah mengungkap produksi model baru platform GSEV akan mulai diproduksi di Indonesia pada akhir 2022.

Kendaraan Wuling dengan platform GSEV sendiri, sudah dikembangkan secaraoptimal untuk menghasilkan transportasi yang nyaman digunakan harian.

Misal saja, kapasitas baterai mobil diklaim mampu dipakai berkendara jauh sampai 300 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.