Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusul Hyundai, Wuling Pastikan Mobil Listrik Hadir Tahun Ini

Kompas.com - 18/03/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif di dalam negeri agaknya tengah berlomba-lomba guna mendukung program pemerintah dalam mempercepat penciptaan kepada ekosistem kendaraan bermotor listrik di dalam negeri.

Pasalnya, selain Hyundai yang memastikan akan memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri melalui pabrik barunya yang ada di Karawang, Jawa Barat, Wuling Motors juga enggan ketinggalan.

Namun, merek mobil asal China ini mengatakan lebih jauh mengenai rencananya itu. Termasuk jadwal atau kepastian waktu untuk menuju elektrifikasi.

Baca juga: Gaikindo Targetkan Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus 900.000 Unit

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

"Kami membawa Wuling dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) ke pameran Jakarta Auto Week (JAW) 2022," kata Brand and Marketing Director Wuling Motors Michael Budihardja, Kamis (17/3/2022).

"Ini dilakukan sebagai wujud pengenalan platform terkait sebelum pada akhirnya Wuling memasarkan EV pada 2022," lanjut dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden of Wuling Motors Han Dehong mengatakan bahwa mobil listrik berbasis GSEV rencananya akan diproduksi di dalam negeri. Saat ini, perseroan sedang memasuki tahap persiapan.

Tapi memang sayangnya saat dikonfirmasi pihak Wuling Motors enggan untuk menjawab hal tersebut.

Baca juga: Ada Tiga Mobil Listrik Baru yang Hadir di Indonesia Tahun Ini

Peluncuran Hyundai Ioniq 5 oleh Presiden RI Joko WidodoYOUTUBE/SEKRETARIAT PRESIDEN Peluncuran Hyundai Ioniq 5 oleh Presiden RI Joko Widodo

Sementara itu Shao Jie, salah satu pejabat eksekutif SAIC-GM-Wuling pernah mengungkap produksi model baru platform GSEV akan mulai diproduksi di Indonesia pada akhir 2022.

Kendaraan Wuling dengan platform GSEV sendiri, sudah dikembangkan secaraoptimal untuk menghasilkan transportasi yang nyaman digunakan harian.

Misal saja, kapasitas baterai mobil diklaim mampu dipakai berkendara jauh sampai 300 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com