Ini Negara yang Disasar All New Honda BR-V Buatan Indonesia

Kompas.com - 16/03/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan bahwa All New Honda BR-V akan diekspor ke-30 negara di dunia sampai tahun depan, yang dimulai dari Kepulauan Karibia pada hari ini, Rabu (16/3/2022).

Langkah tersebut merupakan salah satu realisasi komitmen perseroan di pasar dalam negeri melalui kucuran investasi senilai Rp 5,1 triliun selama periode 2019-2025.

"Ekspor ke 30 negara itu dilakukan secara bertahap sampai tahun depan. Saat ini, baru beberapa negara di Kepulauan Karibia dahulu dengan total 69 unit," kata Business Innovation and Marketing & Sales HPM Yusak Billy dalam konferensi pers, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: All New Honda BR-V Buatan Indonesia Mulai Diekspor ke 30 Negara

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo All New Honda BR-V

Adapun negara yang dimaksud ialah Barbados, Saint Lucia, Trinidad dan Tobago. Lantas, akan berlanjut ke Thailand, Filipina, Thailand, Sri Lanka, sampai Bangladesh.

Bila memungkinkan, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) produksi Indonesia tersebut juga akan dikapalkan ke beberapa wilayah di Afrika dan Meksiko.

"Tahun depan ada Vietnam, karena di sana sudah Euro 6 sehingga perlu persiapan," ujar Billy.

"Sehingga mostly ekspor All New BR-V meliputi kawasan Asia, Afrika, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan yaitu Meksiko. Australia belum," tambah dia.

Dengan terbukanya pasar luar negeri untuk produk eksklusif Indonesia itu, perseroan menargetkan tahun ini ekspor BR-V terbaru mencapai 6.000 unit.

Baca juga: Target Ekspor All New Honda BR-V Tahun Ini Capai 6.000 Unit

Seremoni ekspor perdana All New Honda BR-V buatan Indonesia, Rabu (16/3/2022).KOMPAS.com/Ruly Seremoni ekspor perdana All New Honda BR-V buatan Indonesia, Rabu (16/3/2022).

Angka tersebut lebih tinggi dari Honda Brio yang lebih dahulu diekspor ke Vietnam dan Filipina pada 2019 lalu. Mobil mungil ini targetnya sepanjang 2022 ialah 4.000 unit.

Sehingga secara total, target ekspor Honda Indonesia mencapai 10.000 unit dan akan terus berkembang setiap tahunnya seiring perluasan bisnis alias negara tujuan ekspor.

"Sebagai informasi, BR-V dan Brio merupakan produk ekslusif buatan sini. Artinya, hanya diproduksi di Indonesia dengan tingkat lokal konten lebih dari 80 persen," ucap Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.