Bocoran Bodi Baru Tentrem, Avante H9 Aluminium

Kompas.com - 16/03/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Tentrem pada saat GIIAS 2021 memamerkan bodi bus terbaru yakni Avante H7 AB. Perbedaan bus tersebut dari unit Avante H7 biasa adalah penggunaan pelat aluminium pada bagian bodinya.

AB sendiri merupakan singkatan dari Aluminium Body. Pada saat pameran, redaksi sempat menanyakan apakah AB ini juga bakal digunakan untuk bodi buatan Tentrem yang lainnya.

Saat itu, salah satu staff dari Tentrem mengatakan kalau bisa saja digunakan untuk model bodi lain.

Baca juga: Kenapa Banyak Sopir Bus yang Ugal-ugalan di Jalan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

 

Belum lama ini, dikutip dari akun Instagram Freshbus, terlihat ada sasis bus tronton yang sedang dalam proses perakitan di karoseri. Terlihat siluet bus adalah model bodi buatan Karoseri Tentrem yang dipasang ke sasis tronton.

Terdengar suara perekam yang mengatakan aluminium body, yang merupakan bagian dari bodi bus yang sedang dirakit. Selain itu, ada juga beberapa petugas yang sedang mengerjakan bagian bodi yang berkilau tersebut.

Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, bodi yang digunakan adalah Avante H9, hampir seluruh panel eksterior bus yang sedang dibuat tadi menggunakan bahan aluminium.

Baca juga: MGPA Nyatakan Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

“Aluminium semua untuk panel samping dan bagasi,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Menarik untuk ditunggu seberapa ringan bodi Avante H9 dengan aluminium dan standar. Mengingat untuk Avante H7 AB, Karoseri Tentrem mengklaim lebih ringan sampai 500 kg dibanding varian yang standar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.