Gaikindo Dorong Mazda Ekspor Mobil dari Indonesia ke Australia

Kompas.com - 16/03/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terbukanya pasar ekspor kendaraan bermotor buatan Indonesia ke Australia diharapkan dapat menjadi angin segar untuk industri otomotif nasional pada masa mendatang, khususnya Mazda.

Sebab, meski sudah tidak memiliki pabrik kendaraaan lagi sejak 2017, pertumbuhan penjualan mobil di Australia terus meningkat hingga 1,1 juta unit tiap tahun.

Dari merek Mazda sendiri, secara tahunan rata-rata penjualannya bisa tembus angka 120.000 unit atau 10.000 unit per bulan. Ceruk pasar yang sangatlah besar ini begitu sayang bila tak dimanfaatkan.

Demikian dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: 2025, Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Capai 1 Juta Unit

Test drive Mazda CX-30 ke Glamping Lakeside, Ciwidey, Bandung SelatanIstimewa Test drive Mazda CX-30 ke Glamping Lakeside, Ciwidey, Bandung Selatan

"Dan kita ingin Mazda juga bisa diekspor dari Indonesia," ucap Nangoi.

Tetapi Nangoi tidak merinci lebih jauh mengenai rencana komitmen terkini Mazda untuk Indonesia. Pasalnya, selama beroperasi di Indonesia bertahan dengan status importir.

Hanya saja, pihak Gaikindo senantiasa terus memberikan gambaran potensi pasar yang ada.

Salah satu gambaran dimaksud ialah terkait rasio kepemilikan mobil yang masih rendah di pasar domestik dan kemungkinan ekspor agar perseroan bisa memperluas jangkauan bisnisnya.

Adapun langkah penetrasi ke pasar Australia sendiri, sebagai salah satu upaya untuk mencapai target ekspor yang diberikan pemerintah sebesar 1 juta unit pada 2025 mendatang.

Baca juga: Menperin Akui Alot Negosiasi dengan Mazda untuk Investasi di Indonesia

Mazda CX-60Dok. Mazda Mazda CX-60

Alotnya Prinsipal Mazda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.