Tes Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hilux, Sentuh 15,9 Kpl

Kompas.com - 12/03/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Agustus 2020, Toyota resmi memperkenalkan facelift terbaru dari Toyota Hilux. Secara keseluruhan, ubahan tampilan yang signifikan ada pada sistem lampu depan dan belakang serta bumper baru.

Selain itu, tidak ada ubahan lain, terutama pada sektor mesin. Sama dengan model sebelumnya, Hilux keluaran terbaru menggunakan mesin diesel turbo 2.400 cc dengan kode 2GD-FTV.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 147,5 TK di 3.400 rpm dan torsi 400 Nm di 1.600 rpm sampai 2.000 rpm. Redaksi pun melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar dalam dua kondisi, yakni dibawa ke luar kota dan dipakai di dalam kota.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Lengkap Toyota Hilux 2021, Punya 7 Airbags


Untuk penggunaan luar kota, didominasi jalan bebas hambatan atau tol. Oleh karena itu, mobil akan dipacu dalam kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam (kpj) sampai 100 kpj.

Pada kesempatan kali ini, redaksi mengemudikan Hilux sejauh 105 kilometer dengan rute luar kota. Konsumsi bahan bakar yang ditunjukkan dari Multi Information Display (MID) ada di angka 15,9 kilometer per liter (kpl).

Gaya berkendara pengemudi saat melalui rute tersebut adalah beragam. Bahkan pengemudi kerap menginjak pedal gas cukup dalam untuk merasakan dorongan torsi yang besar milik mesin tersebut.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Manual

Konsumsi bahan bakar Toyota HiluxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Konsumsi bahan bakar Toyota Hilux

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar di rute dalam kota, redaksi mendapatkan angka 9,6 kpl. Konsumsi bahan bakar tersebut didapatkan setelah Hilux dibawa keliling kota sampai 31,4 kilometer.

Kondisi jalanan Kota Bogor yang cukup padat membuat mobil harus stop & go. Memang, torsi besar Hilux bisa diraih di rpm rendah, namun tidak membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih hemat.

Konsumsi bahan bakar Toyota HiluxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Konsumsi bahan bakar Toyota Hilux

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.