Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tes Konsumsi Bahan Bakar Toyota Hilux, Sentuh 15,9 Kpl

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Agustus 2020, Toyota resmi memperkenalkan facelift terbaru dari Toyota Hilux. Secara keseluruhan, ubahan tampilan yang signifikan ada pada sistem lampu depan dan belakang serta bumper baru.

Selain itu, tidak ada ubahan lain, terutama pada sektor mesin. Sama dengan model sebelumnya, Hilux keluaran terbaru menggunakan mesin diesel turbo 2.400 cc dengan kode 2GD-FTV.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 147,5 TK di 3.400 rpm dan torsi 400 Nm di 1.600 rpm sampai 2.000 rpm. Redaksi pun melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar dalam dua kondisi, yakni dibawa ke luar kota dan dipakai di dalam kota.

Untuk penggunaan luar kota, didominasi jalan bebas hambatan atau tol. Oleh karena itu, mobil akan dipacu dalam kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam (kpj) sampai 100 kpj.

Pada kesempatan kali ini, redaksi mengemudikan Hilux sejauh 105 kilometer dengan rute luar kota. Konsumsi bahan bakar yang ditunjukkan dari Multi Information Display (MID) ada di angka 15,9 kilometer per liter (kpl).

Gaya berkendara pengemudi saat melalui rute tersebut adalah beragam. Bahkan pengemudi kerap menginjak pedal gas cukup dalam untuk merasakan dorongan torsi yang besar milik mesin tersebut.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar di rute dalam kota, redaksi mendapatkan angka 9,6 kpl. Konsumsi bahan bakar tersebut didapatkan setelah Hilux dibawa keliling kota sampai 31,4 kilometer.

Kondisi jalanan Kota Bogor yang cukup padat membuat mobil harus stop & go. Memang, torsi besar Hilux bisa diraih di rpm rendah, namun tidak membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih hemat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/12/082200615/tes-konsumsi-bahan-bakar-toyota-hilux-sentuh-15-9-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke