Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Interior Hilux Terbaru, Lega dan Siap Diajak Off Road

Kompas.com - 10/03/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Hilux yang hadir di Indonesia sejak 2020 merupakan facelift terakhir yang juga dijual di Thailand. Perbedaan paling signifikan ada pada bagian eksterior di mana bagian depannya berubah jadi lebih bergaya Amerika.

Selain bagian eksterior, interior dari Hilux tipe V yang dijual Rp 491,35 juta sayangnya tidak banyak ubahan dari generasi sebelumnya. Ubahan paling signifikan adalah jok yang kini dilapis dengan bahan kulit berwarna hitam, sebelumnya beige.

Secara layout, tampilan door trim, dashboard, sampai fitur yang ada di dalamnya sama. Walaupun sama, interior dari Hilux ini memang bisa dibilang sudah cukup fungsional.

Baca juga: Video Hilux Lintasi Genangan Air, Bak Perahu Melintas di Sungai


Misalnya di bagian door trim, material yang digunakan kebanyakan adalah plastik keras, dan ada kulit empuk di bagian sandaran tangan. Tentu saja bahan plastik keras bisa lebih awet usia pakainnya dan mudah dirawat.

Selain di sandaran tangan, bahan kulit bakal ditemui pada seluruh bangku dan setir. Penggunaan material kulit berwarna hitam ini juga menambah kesan elegan nan mewah namun tetap tidak meninggalkan kegarangannya.

Masih membahas soal bangku, khusus pengemudi mendapatkan pengaturan bangku yang dioperasikan secara elektrik. Kemudian pengaturan setirnya pun lengkap, bisa diatur maju-mundur dan naik-turun, sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi yang ergonomis.

Baca juga: Jaga Keawetan Power Steering, Hindari Kebiasaan Ini

Kabin Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Toyota Hilux Facelift

Untuk dasbor, desainnya sangat menarik, flowing seperti ombak tanpa adanya sudut-sudut tajam. Selain itu, berbagai tombol sangat mudah diraih pengemudi saat sudah duduk di bangku.

Membahas soal instrument cluster, Toyota mengombinasikan analog dan digital. Misalnya seperti speedometer dan takometer yang masih analog memakai jarum dan adanya Multi Information Display (MID) di tengahnya.

Informasi yang ditampilkan MID pun lengkap, seperti konsumsi bahan bakar rata-rata, range, kecepatan rata-rata, eco indicator, sudut belok ban, dan speedometer digital.

Pengaturan AC dan kenop putar pilihan penggerak Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Pengaturan AC dan kenop putar pilihan penggerak Toyota Hilux Facelift

Kembali ke dasbor, tombol pengaturan AC dan kenop putar untuk memilih roda penggerak ditempatkan bersandingan di bagian tengah sehingga mudah diraih tangan. Pada bagian ini juga dilengkapi berbagai tempat penyimpanan, seperti dua laci di depan penumpang yang bagian atasnya bisa dijadikan cool box.

Selain itu juga tersedia sistem hiburan berupa head unit layar sentuh. Fitur yang diberikan tidak bisa dibilang lengkap, hanya menyediakan konektivitas bluetooth dan USB, radio, M-Toyota.

Masih di bagian tengah dasbor, terdapat dua tombol yang ada di bagian bawah pengatur AC. Kedua tombol tersebut adalah traction control dan rear differential locker. Lagi-lagi posisi tombolnya ergonomis, mudah diraih tangan pengemudi.

Tombol di kabin Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Tombol di kabin Toyota Hilux Facelift

Hilux ini memiliki dua tiga mode berkendara yang bisa dipilih. Terdapat tombol Eco Mode dan Power Mode yang posisinya ada di sebelah tuas transmisi.

Beralih ke bagian belakang, pintu dari Hilux ini cukup lebar sehingga memudahkan penumpang untuk naik. Ruang di bagian belakang ini bisa dibilang lega, terutama untuk orang dengan tinggi di bawah 177 cm.

Redaksi yang punya tinggi sekitar 178 cm tidak merasa kesempitan duduk di kabin belakang. Posisi kaki bisa dimasukkan ke kolong bangku depan agar lebih santai, namun sandaran punggung tidak bisa diubah dan cukup tegak.

Kabin Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Toyota Hilux Facelift

Walaupun duduk tegak, ruang kepala juga cukup lega, tidak ada masalah yang berarti. Selain itu, di kabin belakang juga tersedia arm rest sekaligus cup holder.

Tempat penyimpanan di kabin belakang tidak sebanyak di depan. Hanya ada dua kantong di belakang bangku depan, hook atau gantungan dengan kemampuan maksimal 4 kg, selain itu tidak ada lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com