Spesifikasi dan Fitur Lengkap Toyota Hilux 2021, Punya 7 Airbags

Kompas.com - 11/03/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Hilux facelift sudah resmi dijual di Indonesia sejak 2020. Pikap kabin ganda alias double cabin ini sebenarnya memang dibuat untuk bisa dipakai kerja, terutama ke daerah dengan kondisi jalanan yang tidak rata.

Walaupun fungsinya sebagai kendaraan kerja atau niaga, Toyota juga menyediakan varian paling tinggi dengan berbagai fitur kenyamanan dan keamanan. Hilux tipe V menjadi varian paling tinggi dari pikap kabin ganda andalan Toyota di Indonesia ini.

Membahas spesifikasinya, secara dimensi, Hilux punya panjang 5,325 meter, lebar 1,855 meter, dan tinggi 1,815 meter. Untuk baknya, ukurannya cukup besar yakni panjang 1,525 meter, lebar 1,54 meter, dan tinggi 0,48 meter. Jika ditotal, volume bak tersebut adalah 1.127,28 liter.

Baca juga: Tengok Interior Hilux Terbaru, Lega dan Siap Diajak Off Road


Kemudian, berati berat kosong Hilux V ini adalah 2,015 ton dan punya Gross Vehicle Weight 2,91 ton. Sehingga idealnya, Hilux tipe tertinggi ini cuma boleh mengangkut barang sampai 895 kilogram sehingga tidak melebihi GVW.

Beralih ke bagian mesin, Hilux yang ada di Indonesia tidak kebagian mesin diesel 2.800cc 1GD seperti Fortuner terbaru, melainkan masih memakai mesin 2.400cc 2GD-FTV. Walaupun begitu, mesin yang digunakan ini bisa diandalkan untuk kerja.

Mesin diesel dengan kapasitas 2.393cc dengan VNT intercooler ini menghasilkan tenaga 149,6 PS atau setara 147,5 TK di 3.400 rpm dan torsi 400 Nm 1.600 rpm sampai 2.000 rpm.

Baca juga: Lupa Bawa Dompet, Apakah Boleh Mengandalkan Foto SIM di Ponsel?

Untuk sistem keselamatan aktif, Hilux dibekali dengan ABS, EBD dan Brake Assist, Vehicle Stability Control, Traction Control, dan Hill Assist Control. Sedangkan yang pasif, Hilux tipe V dilengkapi 7 airbags, dua di setir dan dashboar, lutut pengemudi, pilar, dan bangku.

Masuk ke bagian kabin, fitur Hilux tipe V cukup lengkap, misalnya seperti bangku pengemudi yang sudah full elektrik. Selain itu, bagian setir bisa diatur naik-turun (tilt) dan jauh–dekat (telescopic) jadi pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis.

Kemudian untuk sistem hiburan, Hilux tipe V dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Fitur di dalamnya cukup sederhana, seperti radio, pemutar DVD, USB, Aux, dan Bluetooth.

Dashboard Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Dashboard Toyota Hilux Facelift

Turun sedikit di bawah head unit, ada pengaturan AC yang kini sudah digital. Untuk armada yang diluncurkan per 2022, pengaturan AC-nya sudah dual zone layaknya yang ada di Fortuner.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.