Mengenal Beberapa Istilah Saat Beli Mobil Baru

Kompas.com - 08/03/2022, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini calon konsumen bernama Yunita mengatakan kena tipu sales saat hendak membeli mobil Honda Brio di diler Honda MT Haryono, Jakarta.

Yunita mengatakan bermula saat dia ingin membeli mobil diler resmi Honda MT Haryono dan disambut oleh sales yang bernama Ruhan. Yunita dijanjikan mendapatkan diskon Rp 10 juta.

Baca juga: Kejadian Lagi Truk Mundur Gagal Nanjak, Hampir Tabrak Bus

Tapi karena pada hari Minggu dan area kasir tutup, Ruhan menyarankan untuk mentransfer uang senilai Rp 10 juta sebagai booking fee ke rekening Dedi yang dikenalkannya sebagai supervisornya di diler.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yunita Sari (@_yunita_sari_)

Selanjutnya, pada hari Senin, Ruhan meminta Yunita untuk mentransfer uang lagi sebesar Rp 37 juta agar unit bisa dikirim pada hari Kamis. Tak hanya itu, dia juga mengirim uang senilai Rp 134 juta untuk pelunasan ke rekening diler tersebut.

Yunita tidak curiga lantaran transaksi dilakukan di diler, lengkap dengan surat pemesanan kendaraan (SPK) dan bukti kuitansi. Ternyata diketahui bahwa SPK dan kuitansi tersebut adalah palsu.

Terlepas dari kasus penipuan yang dialami, saat membeli mobil baru memang ada prosedur yang mesti dilewati. Selain itu ada beberapa istilah yang biasanya dipakai sales.

Salah satu sales mobil cukup senior dari merek lain yang minta dirahasiakan identitasnya mengatakan, tahapan membeli mobil dimulai dari tanda jadi.

Baca juga: Kemenperin Bilang Industri Minta Zero ODOL Ditunda Sampai 2025

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

"Booking fee ialah tanda jadi. Kalau mau pesan mobil ada SPK, dari sales ada booking fee untuk mengecek biasanya buat tanda jadi," kata sales tersebut kepada Kompas.com, Senin (8/3/2022).

Mengutip laman Chevrolet.co.id, booking fee adalah bentuk keseriusan customer dalam membeli kendaraan.

Biasanya, booking fee diperuntukkan untuk pembelian mobil yang masih dalam tahap pre-order dengan nominal antara Rp 5-10 juta. Pembayaran booking fee ditujukan langsung ke showroom baik tunai atau pun melalui transfer bank.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.