Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Mengendarai Kia Seltos GT Line di Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 07/03/2022, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal tampilan eksterior dan interior, kini giliran tim redaksi menjajal langsung performanya di jalanan Ibu Kota dan luar kota.

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, Seltos GT Line yang meluncur di Indonesia pada November tahun lalu, dibekali dengan mesin yang sama seperti tipe EX+ yakni mesin Kappa Turbo 1.400 cc.

Dari data tenaga yang dihasilkan sebesar 140 Ps atau 138 Tk dan torsi 242 Nm pada 1.500 rpm yang kemudian disalurkan melalui sistem perpindahan dual clutch transmission (DCT) CT 7 percepatan.

Baca juga: Bedah Interior Kia Seltos GT Line, Kental dengan Nuansa Sporty

Saat tim redaksi masuk kabin dan menyalakan mesin Seltos GT Line, suasana sporty begitu kental berkat warna gelap yang didominasi dengan jahitan berwarna merah di beberapa sisinya.

Apalagi jok dan setir yang lengkap dengan paddle shift membuat mobil ini semakin terlihat sporty, serta ada sunroof di atapnya.

Setelah menutup pintu suasana di dalam kabin Seltos cukup hening, suara mesin hanya samar-samar terdengar.

Interior Kia Seltos GT LineKompas.com/ApridaMegaNanda Interior Kia Seltos GT Line

Bicara soal visibilitas mobil ini terbilang cukup baik, dimensi mobil yang cukup tinggi serta pilar A yang tidak terlalu tebal membuat pandangan pengemudi ke arah jalan lebih luas.

Tanpa menunggu lama, setelah tuas transmisi di geser ke posisi D, langsung SUV Kompak ini kami arahkan ke jalan umum untuk mulai merasakan tenaganya.

Seltos GT Line dibekali dengan tiga mode berkendara, yaitu Normal, Sport dan Eco yang bisa diakses melalui knob di samping tuas transmisi. Selain itu ada pula tiga mode traksi yaitu mud, snow dan sand.

Saat menggunakan mode normal, pada putaran bawah, tenaganya bisa dibilang cukup responsif. Tak perlu banyak effort untuk menekan pedal gas terlalu dalam, mobil pun sudah mulai bergerak. Cocok untuk menghadapi situasi jalan stop and go di Ibu Kota.

Kia Seltos GT LineKompas.com/ApridaMegaNanda Kia Seltos GT Line

Bila ingin lebih cepat, tinggal menekan pedal gas sedikit lebih dalam dan mobil pun mulai melaju lebih cepat.

Kinerja turbo pada Kia Seltos memang sudah terasa dari putaran rpm bawah, dikombinasikan dengan torsi yang besar, tak heran bila akselerasinya cukup responsif meski masih ada sedikit jeda atau lag yang terasa.

Saat masuk jalan tol, kami memanfaatkan untuk sedikit agresif memindahkan ke mode Sport. Seketika putaran mesin terasa lebih kuat seiring jarum rpm yang langsung berada di atas 3000-an. Sensasi sporty mobil ini juga semakin terasa ketika kami mencoba tombol paddle shift.

Baca juga: Kronologi Kasus Penipuan Beli Mobil di Diler Honda MT Haryono

Menyoal handling, mobil ini cukup baik untuk ukuran SUV Kompak. Hal ini kami buktikan saat menjajal manuver Seltos di jalan melingkar dan u-turn, hampir tidak ada gejala limbung maupun body roll yang berlebih.

Namun sayang, bantingan suspensinya begitu terasa, terlebih saat melintasi kondisi jalan yang tidak mulus.

Hal tersebut menjadi kesan sekaligus kesimpulan redaksi mengajak jalan-jalan Kia Seltos GT Line di rute dalam kota dan luar kota. Hasilnya, mobil ini cukup nyaman digunakan baik untuk harian maupun ke luar kota. Apalagi Seltos GT Line juga telah dilengkapi paddle shift yang bisa memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com