Jangan Ditutup, Ini Fungsi Grill Depan Mobil

Kompas.com - 07/03/2022, 18:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pendukung utama pada penampilan mobil ialah grill. Berbagai desain diciptakan oleh pabrikan terkait, bahkan dengan ciri khas sendiri yang membuat kendaraan begitu berbeda dengan lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa grill mobil bukan hanya sekadar aksesori saja. Terdapat fungsi krusial untuk mendukung performa dan durabilitas pada kendaraan dimaksud.

Dijelaskan oleh Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, fungsi utama grill sebagai saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin.

Baca juga: Jangan Tertipu Oknum Sales Nakal, Kenali Ciri-ciri SPK Mobil Asli

Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi KalimantanADM Terios 7 Wonders 2022 Eksplorasi Kalimantan

"Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, jika angin tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang grill ini, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mengalami overheat serta mogok. Dalam kondisi tertentu, dapat membuat mobil terbakar.

“Melihat fungsinya yang sangat penting, pemilik mobil disarankan untuk tidak menutupi bagian grill. Sebab, beberapa kasus ada pemilik mobil yang menutup grill dengan spanduk saat ada cara tertentu," ujarnya.

Baca juga: Kronologi Kasus Penipuan Beli Mobil di Diler Honda MT Haryono

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety CarDok. BMW M BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car

"Padahal, tindakan tersebut dapat menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating,” lanjut Bambang.

Fungsi lainnya, untuk meningkatkan aerodinamika suatu mobil. Beberapa produk tertentu, ada yang berdesain semakin minim lubang agar aliran udara ke mesin sesuai peruntukkan.

Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil. Dengan kata lain, mobil tidak terlalu tahan oleh angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.