Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Ditutup, Ini Fungsi Grill Depan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pendukung utama pada penampilan mobil ialah grill. Berbagai desain diciptakan oleh pabrikan terkait, bahkan dengan ciri khas sendiri yang membuat kendaraan begitu berbeda dengan lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa grill mobil bukan hanya sekadar aksesori saja. Terdapat fungsi krusial untuk mendukung performa dan durabilitas pada kendaraan dimaksud.

Dijelaskan oleh Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, fungsi utama grill sebagai saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin.

"Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, jika angin tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang grill ini, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mengalami overheat serta mogok. Dalam kondisi tertentu, dapat membuat mobil terbakar.

“Melihat fungsinya yang sangat penting, pemilik mobil disarankan untuk tidak menutupi bagian grill. Sebab, beberapa kasus ada pemilik mobil yang menutup grill dengan spanduk saat ada cara tertentu," ujarnya.

"Padahal, tindakan tersebut dapat menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating,” lanjut Bambang.

Fungsi lainnya, untuk meningkatkan aerodinamika suatu mobil. Beberapa produk tertentu, ada yang berdesain semakin minim lubang agar aliran udara ke mesin sesuai peruntukkan.

Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil. Dengan kata lain, mobil tidak terlalu tahan oleh angin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/07/181100115/jangan-ditutup-ini-fungsi-grill-depan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke