Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Formula E di Ancol Bisa untuk Ajang Balap Lainnya

Kompas.com - 07/03/2022, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, terus dikebut pengerjaannya. Terakhir, progress pembangunan telah mencapai 52 persen.

Langkah ini diambil untuk mempersiapkan gelaran Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022. Di mana penyelenggara menerapkan sistem pengerjaan 24 jam penuh selama 54 hari.

Secara konstruksi, lintasan yang memiliki nama resmi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini dibuat permanen, sehingga bisa digunakan untuk berbagai ajang balapan tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: Unggahan Calon Konsumen Mengaku Kena Tipu di Diler Honda MT Haryono

Foto udara progres pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Menurut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), pembangunan JIEC yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan itu saat ini telah mencapai 28 persen.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara progres pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Menurut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), pembangunan JIEC yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan itu saat ini telah mencapai 28 persen.

“Jadi DNA-nya adalah street circuit, tapi dibikin permanen juga,” ujar Irawan Sucahyono, Desainer Sirkuit Formula E Jakarta, disitat dari Antara (7/3/2022).

Oleh sebab itu, walaupun semula JIEC dipersiapkan sebagai sirkuit jalan raya, namun ketahanan trek balap itu menjadi fokus perhatian kontraktor.

Irawan pun berharap, seluruh pengerjaan sirkuit mobil listrik ini sudah sesuai dengan standar Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Baca juga: Bus Terbakar di Tol Pandaan-Malang, Diduga karena Ngecas Powerbank

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Menurutnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang mewadahi para peminat otomotif di Indonesia telah memiliki agenda kejuaraan nasional balap mobil lainnya yang bisa digelar di JIEC.

“Event IMI ini juga banyak sekali, padat. Dan di Jakarta itu kan tidak ada sirkuit, maka ini akan menjadi kontribusi bagi kami,” ucap Irawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com