Korban Penipuan Kasus Diler Honda MT Haryono Sudah Lapor Polisi

Kompas.com - 07/03/2022, 12:44 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral unggahan calon konsumen yang mengaku ditipu oleh salah satu oknum sales Honda di kawasan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Kejadian bermula saat korban bernama Yunita Sari hendak melakukan pembelian satu unit Honda Brio melalui oknum sales bernama Ruhan. Keduanya sepakat untuk bertemu di diler Honda MT Haryono pada Minggu (6/3/2022).

“Jadi jam 10 pagi tanggal 6 Februari hari Minggu, saya datang ke MT Haryono. Sampai disana saya langsung disambut oleh Ruhan. Kondisi diler waktu itu memang sepi, hanya ada Ruhan, Dedi yang mengaku sebagai supervisor Ruhan, dan satu lagi sepertinya sales,” ucap Yunita saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Unggahan Calon Konsumen Mengaku Kena Tipu di Diler Honda MT Haryono

Di dalam diler tersebut, Yunita diajak untuk melihat mobil yang diinginkan. Ia mengatakan, pada saat itu Ruhan menggunakan atribut lengkap seperti seragam, ID card, hingga kartu nama.

Setelah menyetujui untuk membeli unit tersebut, Yunita melakukan negosiasi dan menanyakan diskon hingga promo. Ia pun dijanjikan mendapatkan diskon Rp10 juta.

Berhubung pertemuan dilakukan di dealer pada hari Minggu dan area kasir tutup, maka Ruhan menyarankan kepada Yunita untuk mentransfer uang senilai Rp 10 juta sebagai booking fee ke rekening Dedi yang dikenalkannya sebagai supervisornya di dealer.

Hal ini diklaim oknum sales tersebut agar penjualan unit dan transaksi pembelian bisa lebih cepat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yunita Sari (@_yunita_sari_)

“Ketika saya mau transfer, saya sempat jalan dulu ke arah kasir dan memang saya lihat tutup. Bukan saya bodoh yang percaya karena dia bilang kasirnya tutup kemudian langsung saya transfer. Jadi saya percaya, transfer ke Dedi (supervisor sales). Terlebih transaksi itu dilakukan di diler resmi lengkap dengan surat pemesanan kendaraan (SPK) dan bukti kwitansi,” kata dia.

Selanjutnya, pada hari Senin, Ruhan meminta Yunita untuk mentransfer uang lagi sebesar Rp 37 juta ke rekening pribadinya agar unit bisa dikirim pada hari Kamis.

Yunita juga mengirim uang senilai Rp 134 juta untuk pelunasan ke rekening resmi diler tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.