Adu Irit, Tes Konsumsi BBM Yamaha Freego dan TVS Ntorq 125

Kompas.com - 07/03/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik entry level kelas 110cc-125cc merupakan raja jalanan di Indonesia. Karena itu para pabrikan sepeda motor berlomba menghadirkan produk terbaik di segmen ini.

Perwakilan dari kelas 125cc pemainnya cukup banyak. Dua motor baru yang hadir di pasar, adalah TVS Ntorq 125, skutik merek India yang sudah dirakit di Indonesia. Kemudian, ada juga skutik andalan Yamaha yaitu FreeGo.

Soal perbandingan desain dan fitur sudah pernah dilakukan oleh Kompas.com, kali ini yang akan dibandingkan ialah konsumsi bahan bakar atau BBM.

Baca juga: Juara GP Qatar 2022 Enea Bastianini, Pebalap yang Dekat dengan Indonesia

TVS Ntorq 125Foto: KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Pengujian dilakukan terpisah. Metode yang dipakai ialah full to full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Untuk TVS Ntorq 125, test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 76 kg. Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Pengendara berusaha berjalan senormal mungkin. Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harianKompas.com / Setyo Adi Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harian

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 141 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,15 liter. Hasilnya didapat 44,7 liter.

TVS Notrq 125 mengusung mesin 124,79cc, 4-tak, injeksi, silinder tunggal. Mampu menghasilkan tenaga 6,9 kW apada 7.500 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Hasil MotoGP Qatar 2022, Bastianini Gagalkan Kemenangan Honda

Untuk Freego pengendara Kompas.com, memiliki tinggi 170 cm dan berat 80 kg. Ada dua cara yang dilakukan pertama tidak mengaktifkan fitur SSS dan kedua pakai fitur SSS.

TVS Ntorq 125KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Tes pertama tanpa SSS, setelah menempuh jarak 116,8 kilometer ketika diisikan kembali mengisi bensin sejumlah 2,898 liter. Kalau dikalkulasi, maka konsumsinya menjadi 40,303 km per liter.

Pengujian kedua, fitur SSS diaktifkan. Setelah menempuh jarak 109,4 kilometer, pengisian bensin sebanyak 2,44 liter. Ini artinya konsumsi rata rata menjadi 44,8 liter.

Terlihat memang penggunaan SSS cukup berpengaruh pada konsumsi bahan bakar rata-rata. Hasil ini terbilang cukup mengejutkan, karena tergolong relatif irit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.