Bahaya Nyata Berkendara Dekat Truk Saat Melintasi Tanjakan

Kompas.com - 06/03/2022, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit truk berjalan mundur dan menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Raya Purwakarta-Bandung, Kampung Cimuntuk, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (5/3/2022).

Kecelakaan tersebut terekam kamera CCTV yang kemudian diunggah oleh salah satu akun instagram bernama @andreli_48.

Kanit Gakkum Polres Purwakarta Iptu Jamal Nasir mengatakan, kecelakaan bermula saat truk bernomor polisi T 9960 AA melaju dari arah Bandung menuju Purwakarta.

“Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), sewaktu melaju di jalan yang lurus dan menanjak diduga mengalami kendala pada selang rem angin. Sehingga, mundur ke belakang dan menabrak sejumlah kendaraan,” ucap Jamal dikutip dari Regional Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Baca juga: Cara Hindari Pohon Tumbang Imbas Angin Kencang Saat Berkendara

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

Prasetyo Adi Yudho, Deputy GM Product Division PT Hino Motor Sales Indonesia mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan truk gagal melewati tanjakan dan mundur tidak terkendali.

“Pertama adalah beban kendaraan. Jika overlaoding, membuat kapasitas rem tidak mampu menahan beban,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Faktor selanjutnya adalah dilihat apakah mesin truk mati saat menanjak. Apabila truk tersebut masih menggunakan sistem rem air over hydraulic (AOH), truk tidak bisa mengerem ketika mesin mati karena tidak ada udara yang dihasilkan.

“Faktor ketiga bisa terjadi karena minyak rem yang bocor, jadi tidak berfungsi. Selain itu, rem parkir yang tidak berfungsi atau sopir tidak menarik rem parkir saat kendaraan tidak sanggup menanjak juga bisa menjadi penyebabnya,” kata dia.

Penyebab lainnya, kata Prasetyo, bisa disebabkan karena posisi transmisinya netral. Jika transmisi dalam keadaan netral, maka tidak ada engine brake yang membantu menahan laju truk. Sehingga truk bisa meluncur tak terkendali.

Tanjakan dan harus mendahului di Sitinjau Laut.Donny Apriliananda Tanjakan dan harus mendahului di Sitinjau Laut.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, setiap pengguna jalan harus menjaga jarak jika ada truk di depannya. Jarak ideal yang aman ini berbeda-beda, tergantung dari beberapa hal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.