Cara Hindari Pohon Tumbang Imbas Angin Kencang Saat Berkendara

Kompas.com - 05/03/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini kondisi cuaca sedang tidak menentu. Kadang, walaupun langit cerah, angin kencang bisa saja terjadi dan menyebabkan tumbangnya pohon.

Misalnya seperti kejadian yang diabadikan dalam video unggahan akun @tangerang.terkini di Instagram. Pohon tumbang menimpa truk dan minibus, kejadiannya di dekat Pacuan Kuda, Sabtu (5/3/2022).

Kejadian seperti pohon tumbang memang kadang tak bisa diduga. Namun jika pengemudi sudah melihat kondisi cuaca disertai angin kencang, sebenarnya tertimpa pohon tumbang bisa dihindari.

Baca juga: Mobil Tertimpa Pohon, Klaim Asuransi Bisa Ditolak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tangerang Terkini (@tangerang.terkini)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, terkadang ego pengemudi yang membuatnya memaksakan diri tetap berkendara saat angin kencang.

"Ketika pengendara sudah ada di atas jalan maka yang menjadi prioritas nomor 1 adalah sampai tempat tujuan segera. Kondisi lingkungan yang tidak aman selalu dianggap remeh," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Sony mengatakan, pengendara kadang tidak memikirkan potensi tertimpa pohon saat berkendara di bawah angin kencang. Walaupun secara skala memang kemungkinannya kecil.

Baca juga: Minibus Jerman Mewah BAV, Jadi Senyaman Naik Jet Pribadi

"Jadi mereka lebih memilih gambling untuk stay di jalan dengan harapan aman-aman aja," kata Sony.

Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/2/2022).Dokumentasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangerang Selatan Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/2/2022).

Ketika tahu kondisi lingkungan sedang angin kencang, sebaiknya berhenti dulu area yang aman. Tunggu sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

"Atau kalau tetap kekeh melanjutkan perjalanan, harus lebih waspada, mata melihat spot yg berpotensi bahaya seperti pohon tumbang, material berterbangan dan lainnya. Jaga jarak aman untuk mengantisipasi dan konsentrasi dalam mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.