Kompas.com - 02/03/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sedang melakukan pengaspalan ulang pada sebagian tikungan, hasil evaluasi tes pebalap MotoGP, awal Februari 2022 lalu.

Sementara itu, Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar dalam waktu dekat.

Dijelaskan, Kamis (24/2/2022), proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sudah memasuki tahap awal pengelupasan, yakni setting atau pengaturan alat Cold Milling Machine.

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2021, Seri Perdana Sebelum GP Mandalika

Pengaturan Cold Milling Machine dilakukan agar proses pengelupasan aspal bisa berjalan secara konsisten sesuai dengan kedalaman yang telah ditentukan.

Peralatan berat telah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (19/2/2022), PT PP (Persero) Tbk akan memulai untuk mengelupas permukaan lintasan dan secara bersamaan juga akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP). (ANTARA/HO-MGPA) Peralatan berat telah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (19/2/2022), PT PP (Persero) Tbk akan memulai untuk mengelupas permukaan lintasan dan secara bersamaan juga akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP).

Pengerjaan ini dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor, didampingi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor lokal, dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pemilik sirkuit.

Wakil Direktur Utama MGPA Cahyadi Wanda mengatakan, perbaikan aspal sudah berlangsung dan alat-alatnya sudah sampai. Menurutnya, itu yang paling penting.

Baca juga: Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Dikurangi, Tiket Hampir Habis

"Sebab, secara alat beratnya sudah ada dan manpower sudah ada, kalau bahan baku belum ada, itu yang berat. Tapi, beberapa hari yang lalu itu sudah sampai semua," ujar Cahyadi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/2/2022).

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Cahyadi menambahkan, dengan adanya itu semua, dirinya optimistis pengerjaan perbaikan Sirkuit Mandalika akan sesuai jadwal, yakni 10 Maret 2022.

"Itu pasti akan terkejar sekarang. Kuncinya ada di bahan baku yang sudah sampai. Kalau itu yang terlewat, mungkin itu yang akan mempengaruhi. Akhirnya, secara timeline, ini akan selesai tepat waktu," kata Cahyadi.

MotoGP Indonesia sendiri akan digelar pada 18-20 Maret 2022 dengan jumlah penonton dikurangi dari 100.000 menjadi 60.000 penonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.