Kompas.com - 26/02/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berkendara di jalan tol, ada beberapa etika mengemudi yang harus diperhatikan untuk keselamatan bersama.

Di jalan tol, kendaraan melaju dalam kecepatan yang tinggi dan stagnan. Berbeda dengan jalan non-tol, di mana kontur jalan lebih beragam dan kecepatan kendaraan tidak bisa stagnan cepat.

Disitat dari situs Indonesia Baik, ada lima hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi saat berkendara melalui jalan tol.

Baca juga: Etika di Jalanan yang Macet, Tidak Asal Pindah Lajur

1. Bahu jalan diperuntukkan kendaraan dalam keadaan darurat

Masih banyak pengguna jalan yang menggunakan bahu jalan, untuk menyalip ataupun sebagai alternatif saat keadaan sedang macet atau padat.

Hal ini berbahaya dan dilarang secara hukum. Bahu jalan hanya digunakan untuk kendaraan yang terpaksa berhenti karena keadaan darurat, atau kendaraan prioritas seperti ambulans.

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menjelaskan, bahu jalan tol digunakan untuk kondisi darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran yang akan melintas saat jalanan macet. Selain itu, ukuran bahu jalan juga lebih kecil dibanding lajur yang lain.

"Lewat bahu jalan tol itu riskan, jangan biasakan menggunakan bahu jalan untuk menyalip. Kalau di Thailand, bahu jalan tol dibuat tidak rata sehingga tidak nyaman biar tidak dilewati," jelas Djoko, seperti dikutip Kompas.com.

2. Lajur kiri diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lambat

Di jalan tol, lajur paling kiri digunakan oleh kendaraan yang melaju dalam kecepetan lebih rendah, namun stagnan. Biasanya, lajur ini dilalui kendaraan-kendaraan besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.