Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kontributor Penjualan Suzuki Sepanjang 2021

Kompas.com - 24/02/2022, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim menutup 2021 dengan pencapaian positif melalui peningkatan penjualan, baik dari wholesales dan ritelnya dibandingkan 2020.

Untuk wholesales pada 2021 mengalami kenaikan 38,8 persen, sementara ritel 23,8 persen. Suzuki Carry pikap menjadi backbone di segmen kendaraan komersial Suzuki, sekaligus jadi kontributor utama dalam penjualan mobil Suzuki Indonesia sepanjang 2021.

Tak hanya kendaraan komersial, tren penjualan positif juga ikut didorong dari produk kendaraan penumpang, seperti XL7 dan Ertiga. Dengan demikian, pencapaian Suzuki pada 2021 didominasi produk lokalnya.

Baca juga: Daftar Produk Suzuki yang Menerima Insentif PPnBM 50 Persen

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, catatan penjualan positif sepanjang 2021 tidak lepas dari peningkatan kualitas produk, purnajual, serta layanan yang terus dilakukan.

Suzuki Carry Pikap baru Suzuki Carry Pikap baru

"Kami mengapresiasi para pelanggan setia hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purnajual dan pelayanan," ujar Donny dalam keterangan resminya, Rabu (23/2/2022).

Carry pikap menjadi kontributor utama dengan sumbangsih 58 persen secara wholesales dan retail. Faktor pemicunya diklaim karena adanya pembaruan pada awal Januari 2021 lalu.

Untuk segmen penumpang, XL7 menempati posisi kedua sebagai penyumbang terbesar penjualan Suzuki tahun lalu. SUV murah ini berkontribusi 18 persen untuk wholesales dan 16 persen untuk retail.

Baca juga: 51 Varian Nikmati Diskon PPnBM, Daihatsu Pastikan Refund Uang Konsumen

Sementara Ertiga, menyumbang 12 persen untuk wholesales dan 13 persen untuk retail. Pencapaian tersebut membuat MPV murah ini masuk dalam urutan tiga kontribusi tertinggi penjualan Suzuki pada 2021.

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Donny mengatakan, peningkatan penjualan Ertiga dan XL7 tak lepas dari adanya kebijakan diskon PPnBM yang diberikan pemerintah, sebagai sebuah relaksasi untuk menggerakkan daya beli masyarakat.

"Selain fokus pada pengembangan produk, kami juga akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang Suzuki berikan," ucap Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com