Suzuki Tambah Insentif, Bikin Harga Ertiga dan XL7 Turun Puluhan Juta

Kompas.com - 26/02/2022, 08:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), resmi memangkas harga dua produk andalannya di segmen penumpang, yakni Ertiga dan XL7.

Tak tanggung-tanggung, pemotongan harga membuat semua varian dari MPV dan SUV murah tersebut, turun hingga di bawah Rp 250 juta.

Hal menjadi tanya tanya, karena bila melirik dari aturan diskon PPnBM 50 persen, salah satu syaratnya hanya berlaku bagi mobil dengan harga Rp 200 sampai Rp 250 juta. Dengan demikian, seharusnya tak semua varian Suzuki Ertiga dan XL7 mendapatkan relaksasi.

Baca juga: PPnBM Diperpanjang, Semua Varian XL7 dan Ertiga Turun Harga

Berdasarkan data, pada awal Februari 2022, banderol Ertiga dan XL7 varian tengah dan tertinggi dijual lebih dari Rp 250 juta.

Contoh seperti XL7 Zeta AT dari Rp 258,4 juta kini menjadi Rp 233,3 juta, sementara Ertiga GL AT yang semula Rp 251,2 juta, turun menjadi Rp 221,4 juta.

Suzuki All New ErtigaSIS Suzuki All New Ertiga

Lantas faktor apa yang membuat harga Suzuki Ertiga dan XL7 bisa turun signifikan?

Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra mengatakan, penurunan harga untuk XL7 dan Ertiga memang tak murni hanya dari diskon PPnBM 50 persen saja, tapi karena ditambah dengan insentif yang diberikan Suzuki layaknya subsidi.

"Kami ingin momen diskon PPnBM ini bisa dinikmati lebih banyak oleh konsumen, kami memaksimalkan lagi dengan insentif dari Suzuki sehingga pilihan variannya juga lebih banyak," kata Donny kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Suzuki Luncurkan Baleno Model Baru, Harga Mulai Rp 120 Jutaan

Lebih lanjut Donny mengatakan, XL7 dan Ertiga memang menjadi model yang didaftarkan untuk menerima PPnBM, dan secara persyaratan juga sudah terpenuhi, seperti mesin 1.500 cc dan memiliki kandungan lokal minimal 80 persen.

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Dari segi penurunan, bila hanya mengandalkan diskon PPnBM sebesar 50 persen, harusnya hanya terpangkas sekitar Rp 7,8 juta sampai Rp 9,9 juta untuk Ertiga dan XL7, tergantung dari variannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.