Sosok Perempuan Andalan Marc Marquez di MotoGP

Kompas.com - 23/02/2022, 14:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan pebalap di MotoGP bukan hanya ditentukan kemahiran di atas motor semata. Banyak orang yang terlibat dalam pengembangan motor.

Salah satu figur krusial buat pebalap ialah pencatat telemeter. Sebab dari data telemetri pebalap dapat mengetahui apa kekurangan gaya balapnya, terutama dalam tikungan.

Untuk itu sejak 2021 Marc Marquez punya telemeter baru yakni perempuan bernama Jenny Anderson. Sosok teknis ini awalnya bekerja untuk Pol Espargaro tapi kemudian "dibajak" oleh Marc.

Baca juga: Protes Aturan ODOL, Ribuan Sopir Truk Demonstrasi di Surabaya

Jenny AndersonFoto: Corsedimoto Jenny Anderson

Jenny pertama kali bergabung dengan Mika Kallio dan kemudian Pol Espargarò di KTM. Tetapi dalam transisi Pol ke Honda dia justru bergabung dengan Marc Marquez.

Dia mengakui bekerja dengan Marc di Repsol Honda merupakan lompatan karier profesional hebat yang membuatnya bangga dengan apa yang telah dia lakukan.

“Saya sangat beruntung bekerja di level tertentu dengan Marc”, katanya dalam sebuah wawancara dengan Box Repsol dikutip dari Tuttomotoriweb.it," Rabu (23/2/2022).

Kecintaan Jenny terhadap balap tumbuh sejak masih kecil. Ayahnya seorang insinyur dan membuat mobil gokart, sejak itu dia mulai memasang sensor di mana-mana agar gokart itu lebih kencang.

Baca juga: Polisi Siapkan Sanksi Tegas Aksi Balap Liar

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.

“Saya berterima kasih kepada ayah saya, semua ini berkat dia, dan keluarga kami menyaksikan balapan setiap hari Minggu," ungkapnya.

"Saya ingat bahwa pada hari Minggu pagi dia bangun pagi-pagi, menyalakan mesin mobil di garasi dan dengan saudara-saudara saya, kami berlomba untuk melihat siapa yang datang lebih dulu untuk duduk di kursi penumpang dan naik bersamanya," katanya.

Pekerjaan Jenny sangat penting. Dia menggantikan mantan insinyur elektronik Gerold Bucher, yang sudah berpengalaman selama 25 tahun dan bekerja bersama Marc sejak di Moto2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.