Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biker Wanita Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 22/02/2022, 19:41 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarakan motor di malam hari bisa jadi hal yang riskan khususnya untuk pengendara wanita.

Jalanan yang sepi di malam hari membuat pengguna kendaraan bermotor rawan terhadap tindak kriminal atau modus kejahatan.

Ada beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan oleh pengendara wanita agar bisa terhindar dari tindak kriminal di jalan raya, saat mengemudikan motor di malam hari.

Baca juga: Pengemudi Wanita Rawan Jadi Target Kejahatan

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara wanita usahakan agar jangan berkendara sendirian pada malam hari, karena jalan yang sepi rawan tindak kriminal.

Selain itu, perlengkapan berkendara yang lengkap juga harus digunakan, seperti helm yang memenuhi standar keselamatan dan nyaman.

"Selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Kemudian, pengendara wanita juga perlu memperhatikan jalur yang akan dilewati, dan usahakan untuk berpergian melalui rute yang familiar dan biasa dilewati.

Ilustrasi pengendara motor wanitaSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor wanita

"Pahami jalur yang biasa dilewati, sehingga dapat mengetahui jalanan yang rusak dantidak, agar perjalanan menjadi lebih efektif," jelasnya.

Agus juga menjelaskan, pengendara wanita harus mencari bantuan ke tempat yang ramai jika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

Baca juga: Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Begini Cara dan Syarat Blokir STNK

Jika ada orang atau kendaraan yang mencurigakan saat sedang berkendara, Agus mengatakan bahwa pengendara wanita baiknya segera mencari tempat yang ramai untuk berhenti dan meminta bantuan.

Terakhir, ia mengatakan bahwa barang bawaan yang dibawa selama perjalanan dengan motor jangan sampai mengganggu kenyamanan berkendara.

"Kurangi barang bawaan yang dapat mengganggu saat berkendara, seperti tas yang besar, kardus dan lain-lain," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com