Kompas.com - 23/02/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat elektrifikasi kendaraan akan terus menyebar. Bukan hanya untuk kendaraan harian, tapi juga di bidang olahraga yaitu balapan sepeda motor.

Ke depan dipercaya bahwa balapan sekelas MotoGP juga bakal terkena imbas tren teknologi listrik murni alias battery electric vehicle (BEV). Apalagi saat ini MotoGP sebetulnya sudah punya kejuaraan motor listrik bernama MotoE.

Baca juga: Biker Wanita Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini

 CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino RossiTwitter.com/YamahaMotoGP CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino Rossi

Bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mengatakan, era di mana mobilitas beralih ke motor listrik tidak terelakkan. Meski demikian dalam jangka pendek dan menengah MotoGP bakal terus pakai mesin bensin.

Saat ini pihaknya akan terus fokus pada mesin pembakaran internal, dengan penggunaan bahan bakar sintetis yang lebih sedikit polusi.

Dalam dua puluh tahun saya masih membayangkan MotoGP bertenaga bensin. Kami memiliki kesepakatan untuk mendapatkan bahan bakar sintetis, itu adalah jalan ke depan," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Etika di Jalanan yang Macet, Tidak Asal Pindah Lajur

Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoEDok. Ducati Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoE

Seperti yang disebutkan, Dorna sudah memiliki kejuaraan motor listrik MotoE. Sehingga saat ini memiliki kejuaraan "hibrida" antara motor bensin dan motor listrik.

"Kami memiliki bagian listrik kami. Ini akan menjadi kejuaraan hibrida," kata Ezpeleta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.