Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Dorna Sport Bicara Masa Depan MotoGP di Era Motor Listrik

Kompas.com - 23/02/2022, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat elektrifikasi kendaraan akan terus menyebar. Bukan hanya untuk kendaraan harian, tapi juga di bidang olahraga yaitu balapan sepeda motor.

Ke depan dipercaya bahwa balapan sekelas MotoGP juga bakal terkena imbas tren teknologi listrik murni alias battery electric vehicle (BEV). Apalagi saat ini MotoGP sebetulnya sudah punya kejuaraan motor listrik bernama MotoE.

Baca juga: Biker Wanita Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini

 CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino RossiTwitter.com/YamahaMotoGP CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino Rossi

Bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mengatakan, era di mana mobilitas beralih ke motor listrik tidak terelakkan. Meski demikian dalam jangka pendek dan menengah MotoGP bakal terus pakai mesin bensin.

Saat ini pihaknya akan terus fokus pada mesin pembakaran internal, dengan penggunaan bahan bakar sintetis yang lebih sedikit polusi.

Dalam dua puluh tahun saya masih membayangkan MotoGP bertenaga bensin. Kami memiliki kesepakatan untuk mendapatkan bahan bakar sintetis, itu adalah jalan ke depan," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Etika di Jalanan yang Macet, Tidak Asal Pindah Lajur

Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoEDok. Ducati Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoE

Seperti yang disebutkan, Dorna sudah memiliki kejuaraan motor listrik MotoE. Sehingga saat ini memiliki kejuaraan "hibrida" antara motor bensin dan motor listrik.

"Kami memiliki bagian listrik kami. Ini akan menjadi kejuaraan hibrida," kata Ezpeleta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com