Kompas.com - 23/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Vario 160 resmi meluncur di awal 2022. Sebelumnya  motor ini diprediksi bakal hadir pada akhir 2021 tapi yang meluncur saat itu ialah Honda CB150X.

Vario 160 diproduksi di pabrik Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat. Secara kelas Vario 160 menantang Yamaha Aerox 155 di segmen big scooter bergaya sporty.

Kompas.com sudah me-review Vario 160 saat peluncuran, kemudian menjajalnya sebentar di fasilitas safety riding milik AHM. Kini Kompas.com mengajaknya kencan beberapa hari.

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Tujuannya untuk merasakan bagaimana berkendara harian menggunakan Vario 160. Mulai dari desain, fitur yang ditawarkan, performa hingga konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Aki Mobil Mesin Diesel dan Bensin Berbeda

Untuk itu Kompas.com akan membahas satu persatu dimulai dari desain. Diakui atau tidak tampilan eksterior cukup krusial dalam sebuah produk. Sebab hal itu yang pertama kali dilihat calon konsumen.

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Secara keseluruhan desain Vario 160 sudah berbeda dengan saudaranya yang dulu yaitu Vario 150. Tapi bahasa desainnya masih mirip sehingga mudah mengenai ini keluarga Vario.

Skema besarnya tetap sama yaitu skutik bergaya sporty dengan banyak garis tegas. Mulai dari fasia depan, samping hingga belakang motor dihiasi garis tegas cederung tajam agar lebih agresif.

Baca juga: Biker Wanita Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Ubahan pertama dapat dilihat bentuk lampu utama. Bentuk lampunya jadi lebih sporty. Kemudian seinnya terletak di atas headlamps, yang secara keseluruhan membuat pola bersusun.

Ubahan lainnya ialah bentuk tebeng depan di bawah batok setang. Bentuk tebeng depan ini cukup menarik, bentuknya seperti windshield dengan mika warna hitam.

Kemudian bagian sayap depannya masih terciri Vario 150 meski detailnya berbeda. Bagian samping mengikuti desain keseluruhan motor dengan garis tegas, termasuk bentuk jok yang agresif.

Baca juga: Pentingnya Defensive Driving, Bisa Cegah Kecelakaan

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Detail menarik lainnya ialah bentuk sepatbor belakang yang bergaya seperti sepatbor motor sport. Kemudian sein depan dan belakang juga terpisah seperti motor sport.

Meski masuk dalam kategori big scooter Vario 160 punya dek yang landai. Kelebihan bentuk dek ala skutik entry level ini memudahkan untuk membawa barang, tapi jadi kurang berotot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.