[POPULER OTOMOTIF] Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022 | Detail Penurunan Harga Daihatsu All New Xenia, Rocky, dan Terios

Kompas.com - 23/02/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian telah merilis daftar mobil yang berhak untuk menerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun ini.

Berlaku hingga September 2022, total terdapat 16 produk yang masuk ke daftar, yaitu mobil berjenis low cost green car (LCGC).

Sementara itu, untuk mobil yang dibanderol mulai Rp 200 juta sampai Rp 250 juta dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc berlaku selama kuartal I tahun ini.

Selain itu, dari lima model Daihatsu yang menikmati diskon PPnBM, tiga diantaranya terdiri dari segmen non-LCGC. Mulai dengan All New Xenia, dan dua dari segmen SUV murah, yaitu Rocky dan Terios.

Tak tanggung-tanggung, ada 29 varian dari ketiga model tersebut yang mendapat diskon pajak sebesar 50 persen hingga Maret mendatang. Penurunan harganya juga signifikan pada tiap model tersebut dengan kisaran lebih dari Rp 10 jutaan dibanding sebelumnya.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Rabu (22/2/2022):

1. Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

 Ilustrasi penjualan mobil. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penjualan mobil.

Semua produk otomotif yang mendapatkan insentif terkait memiliki nilai pembelian lokal komponen (local purchase) minimum sebesar 80 persen. Sehingga, lebih selektif dibandingkan tahun sebelumnya.

Daftar tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Adapun desain insentif ini berada dalam kerangka Peraturan Pemerintah (PP) 74/2021 yang memberikan tarif PPnBM lebih rendah bagi kendaraan bermotor dengan emisi gas rumah kaca yang juga lebih rendah.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.