Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Tes Pramusim, Bos Dorna Bicara Kelebihan dan Kekurangan Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 14/02/2022, 16:40 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, telah sukses selesai digelar pada Minggu (13/2/2022).

Kendati mendapatkan banyak tanggapan dari pebalap dan pecinta ajang MotoGP di Tanah Air, penyelenggara yakni Dorna Sport menyebut bahwa Indonesia sudah siap menggelar MotoGP dengan sirkuit terkait.

"Kami beruntung Indonesia kembali (menjadi tuan rumah MotoGP)," kata Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta dalam wawancara video di laman MotoGP.com, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Ada Diskon Khusus Pembelian Tiket MotoGP Mandalika Selama Februari

Salah satu tikungan berpandangan menghadap laut di Sirkuit Mandalika.Kementerian Kominfo Salah satu tikungan berpandangan menghadap laut di Sirkuit Mandalika.

Ia mengakui Pertamina Mandalika International Circuit adalah salah satu sirkuit terbaik di kalender MotoGP. Sebab, lintasannya memiliki aspal dan gravel yang baik sehingga menekan potensi fatal ketika terjadi suatu kecelakaan.

Tapi memang tak dipungkiri bahwa masih ada yang perlu disempurnakan di dalam dan luar trek. Misalnya, kecepatan dan kedetailan pembersihan permukaan sirkuit setelah terjadi cuaca yang tak diinginkan seperti hujan angin dan debu.

"Kami percaya trek akan jauh lebih bersih (saat balapan MotoGP nanti). Sebenarnya, mereka memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan trek, juga memiliki mesin yang baik. Kami percaya nanti akan jauh lebih baik," kata Ezpelata.

Memang, sesi tes pramusim MotoGP Mandalika sempat menuai kritik terutama pada hari pertama. Kala itu, kondisi sirkuit kotor setelah hujan yang membuat sesi tes ditunda.

Baca juga: Pol Espargaro Kuasai Tes MotoGP Mandalika Hari Terakhir

Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan 
tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Setelah dibersihkan, motor sebagian pebalap pun tak ayal didapati dalam keadaan kontor sesaat menjajal trek. Namun, itu tidak menjadi suatu hal yang membuat perhelatan tertunda panjang.

"Pertama kali hadir tentunya banyak tantangan, tapi keseluruhan ini jadi pengalaman untuk tim, Dorna, serta para pebalap," kata Ezpelata.

"Ini merupakan proses yang sangat baik untuk bisa hadir pertama dengan World Superbike dan kemudian dengan tes (pramusim) Motogp sebelum balapan MotoGP. Namun ada banyak yang harus diperbaiki di dalam dan luar trek," ujarnya.

"Prioritas adalah untuk menyelenggarakan GP dalam kondisi baik. Yang terpenting para pebalap suka dengan layout, dan khsuusnya dalam hal area run-off, ini menjadi salah satu yang terbaik di keseluruhan kalender MotoGP," kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com