Kompas.com - 14/02/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus masih menjadi salah satu moda transportasi untuk bepergian. Kelebihan dari bus adalah bisa mengangkut banyak penumpang dalam sekali jalan.

Namun, jumlah penumpang yang bisa diangkut kembali lagi ke jumlah bangku yang ada di kabin. Biasanya untuk bus kelas ekonomi, jumlah bangkunya lebih banyak dibanding eksekutif atau super eksekutif.

Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia mengatakan, untuk bus ekonomi memang punya jarak bangku yang mepet, agar bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

Baca juga: Bus Terguling di Yogyakarta akibat Menghindari Balap Liar Motor

Kabin bus PO Bin IlyasDOK. LAKSANABUS Kabin bus PO Bin Ilyas

“Kalau untuk bus dengan panjang 12 meter, dengan susunan bangku 3-2 bisa diisi sampai 58 seat tanpa leg rest,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan jika menaiki kelas layanan yang lebih tinggi, biasanya disusun dengan jumlah bangku yang lebih sedikit. Efeknya, ruang kaki antar penumpang jadi lebih lega dan tentunya nyaman.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, jarak antar jok mulai dari 750 mm sampai 1,1 meter.

Baca juga: Sesi Tes Pramusim Mandalika Selesai, Tikungan 1 Jadi Perhatian

“Kalau jok biasa, baik konfigurasi 2-2 atau 3-2, jarak antar bangkunya sekitar 750 mm sampai 850 mm. Sedangkan yang memakai legrest, jaraknya lebih lebar, yaitu 1.050 mm sampai 1.100 mm,” ucap Werry.

Tentu saja leganya ruang antar bangku ini berpengaruh seberapa leluasa penumpang bisa merebahkan bangku. Mengingat saat naik bus, tidak bisa asal merebahkan bangku karena di belakang ada penumpang lain.

Namun, bagi yang mau naik bus dengan bangku lebih nyaman, tidak khawatir sandaran belakang mengenai orang lain, bisa mencoba naik suites class.

Jarak antar bangku penumpang di bodi suites class berkisar 180 cm dan dilindungi kabin terpisah, sehingga tidak mengganggu penumpang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.