Kompas.com - 13/02/2022, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya sesi tes pra-musim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sempat terhambat dengan adanya kotoran dan debu di sirkuit. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit langsung menanggapi kondisi tersebut.

Direktur MGPA Andhi Satri, Race Director Mike Webb, dan Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta, mengaku cukup puas dengan kondisi lintasan setelah dibersihkan.

Baca juga: Selain Debu, Lintasan Sirkuit Mandalika Banyak Kerikil

Lintasan juga diminta kembali dibersihkan pada pagi hari, sehingga diharapkan kecepatan para pembalap pada sesi tes pra-musim hari kedua dan ketiga dapat meningkat.

Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukanDok. MGPA Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukan

Mike Webb menyarankan agar MGPA melakukan pembersihan rutin setiap dua minggu menggunakan Track Jet Truck dan kendaraan Track Sweeping. Selain itu, perlu juga rutin memasukkan kendaraan, seperti mobil atau motor, ke dalam lintasan.

"Keberadaan kendaraan roda empat atau roda dua dalam lintasan akan membuat racing line menjadi lebih bersih. Dikarenakan saat kendaraan lewat, aerodinamika kendaraan akan menyedot debu dari dalam pori-pori lintasan, sehingga mengurangi deposit debu di dalam pori-pori," ujar Mike, dalam keterangan resmi MGPA, Sabtu (12/2/2022).

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Mandalika Pukul 12.00 WITA, Brad Binder Tercepat

Kendaraan pembersih trek, Track Jet Truck, memiliki penyemprot air bertekanan tinggi dan dilengkapi rotating brush untuk membersihkan permukaan sirkuit.

Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukanDok. MGPA Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukan

Mike Webb dan Carlos Ezpeleta optimistis bahwa kegiatan pengetesan hari Sabtu ini akan semakin membaik dikarenakan debu yang semakin berkurang. Selain itu, adanya lapisan karet ban pada permukaan lintasan racing line yang dibuat oleh pebalap juga dapat membantunya.

Tercatat, pada Jumat sore kecepatan para pebalap MotoGP semakin cepat dan kecepatan maksimumnya dapat mencapai 314 km/jam atau berada dalam standar kecepatan MotoGP.

Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukanDok. MGPA Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukan

Andhi menjelaskan, faktor debu ini disebabkan oleh berbagai kegiatan pembangunan di luar lintasan, seperti pembangunan jalan dan pembangunan fasilitas penonton, yang menyebabkan debu yang beterbangan jauh lebih banyak dibandingkan kondisi normal.

"Debu ini jatuh pada permukaan lintasan, masuk ke dalam pori-pori lintasan di antara kerikil permukaan lintasan. Kondisi debu yang sangat banyak selama 2 bulan, dan juga lintasan tidak pernah dipakai untuk kegiatan motorsport sejak WSBK hingga sesi pre-season testing ini, menyebabkan banyaknya debu yang beterbangan saat dilewati kendaraan MotoGP," kata Andhi.

Andhi menambahkan, segala yang terjadi pada kegiatan sesi tes pra-musim ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk mempersiapkan seri kedua MotoGP 2022 yang akan diselenggarakan 18-20 Maret mendatang. Sehingga, pada saat balapan akan jauh lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.