Kompas.com - 13/02/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol akan melakukan penyesuaian tarif dalam periode tertentu. Pada kuartal pertama tahun 2022, akan ada 12 ruas tol yang mengalami penyesuaian tarif tersebut.

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menjelaskan, sosialisasi penyesuaian tarif tol terbaru di tiap ruas dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Sosialisasi mengenai penyesuaian tarif tol dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol selaku pengelola ruas tol tersebut dalam waktu 2 minggu sebelum penetapan waktu penyesuaian tarif,” ujar Danang, seperti dikutip dari pernyataan resminya, Minggu (13/2/202).

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Tol Bali Mandara.Dok. Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Tol Bali Mandara.

Berikut daftar 12 ruas tol yang akan melakukan penyesuaian tarif pada kuartal pertama 2022.

  1. Tol Dalam Kota
  2. Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa
  3. Kunciran - Serpong
  4. Jakarta - Bogor - Ciawi
  5. Surabaya - Mojokerto
  6. Cikampek - Palimanan
  7. Cinere - Jagorawi Seksi 1&2
  8. Pondok Aren - Serpong
  9. Gempol - Pandaan ( IC Gempol - IC Pandaan - Pandaan)
  10. Jalan Tol Tangerang - Merak
  11. Jalan Tol Soreang - Pasir Koja
  12. Jalan Tol Pandaan - Malang.

Namun dalam akun media sosial resmi masing-masing BUJT, belum semuanya mengumumkan kenaikan tarif ruas tol yang mereka kelola.

Baca juga: Lelang Paket 3 Toyota Hardtop dan 61 Motor Mulai Rp 33 Jutaan

Tol Tangerang-MerakAstra Infra Tol Tangerang-Merak

Di lain kesempatan, Humas BPJT Amanda Dimas menjelaskan, penyesuaian tarif Jalan Tol sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan.

Hal tersebut tepatnya tercantum pada Pasal 48 ayat 3 yang menyebutkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Sebagai ancang-ancang, bagi masyarakat yang rutin melintasi jalan tol yang disebutkan sebelumnya, disarankan untuk selalu memastikan saldo uang elektroniknya mencukupi dan jangan sampai kehabisan saat tengah melaju di jalan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.